Title:


ANALISIS PENGARUH INERSIA TERHADAP LOAD CARRYING CAPACITY PADA BANTALAN THRUST BERTEKSTUR SEGI EMPAT TUNGGAL DENGAN MEMPERTIMBANGKAN SLIP MENGGUNAKAN METODE COMPUTATIONAL FLUID DYNAMIC (CFD)


Author:


Mail Fuad Hilmy(1*)
Mail M. Muchammad(2)
Mail M. Tauviqirrahman(3)

(1) Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Tidar, Indonesia
(2) Laboratorium Engineering Design and Tribology, Departement Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
(3) Laboratorium Engineering Design and Tribology, Departement Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/jom.v4i2.3416| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Pesatnya perkembangan dalam bidang industri mempengaruhi para peneliti untuk melakukan berbagai macam inovasi. Salah satu penemuan yang menarik dalam bidang pelumasan hydrodynamic adalah desain tekstur pada bantalan thrust. Akan tetapi dengan adanya tekstur pada permukaan bantalan thrust terkadang justru dapat mengakibatkan efek negatif. Oleh karena itu, penelitian ini membahas pengaruh inersia dan rekayasa permukaan slip dalam rangka meningatkan performa bantalan thrustt. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan computational fluid dynamic (CFD). Berdasarkan penelitian, diperoleh hasil bahwa slip dapat mengurangi efek kavitasi dengan mereduksi area kavitasi. Sehingga dapat dikatakan bahwa slip mempunyai dampak yang positif terhadap peningkatan performa bantalan thrust salah satunya yaitu dengan meningkatkan load carrying capacity. Sedangkan inersia dikombinasikan dengan slip dapat meningkatkan load carrying capacity akan tetapi panjang daerah kavitasi juga semakin besar.

Full Text:

##Full Text##

References


Rahmani, dan., Mirzaee, I., Shirvani, A, and Shirvani, H. “An analytical approach for analysis and optimisation of slider bearings with infinite width parallel textures”. Tribology International. 43(8). pp. 1551-1565. 2010.

Khonsari, M. M., dan Booser, E. R. “Applied tribology: bearing design and lubrication”. John Wiley & Sons. 2017.

Hilmy, F., Muchammad, M., Tauviqirrahman, M., dan Jamari, J. “Inertia effect of textured lubricated contact on the bearing performance using CFD approach”. JPhCS, 1090(1), 012041. 2018.

Ramesh, A., Akram, W., Mishra, S.P., Cannon, A.H., Polycarpou, A.A, dan King, W.P. 2013. Friction characteristics of microtextured surfaces under mixed and hydrodynamic lubrication. Tribology International. 57. pp. 170-176.

Wang, W., He, Y., Zhao, J., Li, Y, dan Luo, J. 2017. Numerical optimization of the groove texture bottom profile for thrust bearings. Tribology International. 109. pp. 69-77.

Hanoca, P, dan Ramakrishna, H.V. 2015. To Investigate the Effect of Oil Film Thickness at the Entrance of the Infinitely Long Slider Bearing Using CFD Analysis. Procedia Engineering. 127. pp. 447-454.

Jamari, J., Muchammad, M., Hilmy, F., dan Tauviqirrahman, M. (2019). Effect of inertia on the cavitation phenomena of hydrodynamic textured bearings considering slip. Journal of the Brazilian Society of Mechanical Sciences and Engineering, 41(9), 387.

Muchammad, M., Triandani, O., Tauviqirrahman, M., Hilmy, F., dan Jamari, J. (2020). Inertia and slip effect on a single textured hydrodynamic thrust bearing using CFD methods. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1517, p. 012011).

Versteg, H.K, dan Malakasera, W. 1995. An Introduction to Computational Fluid Dynamics: Finite Volume Method. England: Longman Scientific and Technical.

Muchammad, M., Tauviqirrahman, M., Jamari, J, dan Schipper, D.J. 2016. An analytical approach on the tribological behaviour of pocketed slider bearings with boundary slip including cavitation. Lubrication Science. 29(3). pp. 133-152.




DOI: https://doi.org/10.31002/jom.v4i2.3416

Article Metrics

Abstract view : 0 times
##Full Text## - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.