Title:


Pengembangan Struktur Model Jembatan untuk Menentukan Korelasi Fenomena Fisik terhadap Pola Modus Getarnya


Author:


Mail Susilo Adi Widyanto(1*)
Mail Sukamta Sukamta Sukamta(2)
Mail Bagus Acung Bilahi(3)
Mail Angga Alfiannur Alfiannur(4)

(1) Departemen Teknik Mesin Universitas Diponegoro, Indonesia, Indonesia
(2) Departemen Teknik Mesin Universitas Diponegoro, Indonesia, Indonesia
(3) Departemen Teknik Mesin Universitas Diponegoro, Indonesia, Indonesia
(4) Departemen Teknik Mesin Universitas Diponegoro, Indonesia, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/jom.v5i2.5275| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Observasi konstruksi jembatan perlu dilakukan secara regular untuk memastikan keamanan operasionalnya. Penerapan metode observasi dengan menggunakan perangkat aplikasi diagnosis kesehatan struktur yang didasarkan pada analisis modus getar berpotensi untuk meningkatkan akurasi hasil dan dapat mempermudah pelaksanaan pekerjaannya. Dalam paper ini disajikan metode desain model struktur jembatan dan metode analisisnya untuk memperoleh karakteristik dinamik yang dapat mewakili struktur jembatan yang sesungguhnya. Selanjutnya dengan struktur model tersebut, korelasi fenomena fisik terhadap pola modus getarnya dapat ditentukan dalam rangka untuk membangun sistem database sebagai bagian dari perangkat aplikasi diagnosis kesehatan struktur yang dikembangkan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model yang dikembangkan memiliki karakteristik modus getar yang sama dengan konstruksi yang sesungguhnya pada aspek skala 1:23. Komponen struktur sesungguhnya yang berupa profil HWF 300.300.10.15 dapat didekati dengan struktur hollow 15.15.1,4.1,4 pada struktur model yang dikembangkan. Dari hasil pengujian getaran pada frekuensi penggetar 30Hz, pola amplitudo kedua konstruksi menunjukkan pola yang sama dengan error maksimum yang terjadi sebesar 6,37%.


Full Text:

PDF

References


Putra, SA., Sani, GAA., Nurwijaya, AT., Anandadiga A., Wijayanto, PB., Trilaksono, BR, dan Riyansyah, M., 2018., Sistem Penilaian Kondisi Jembatan Menggunakan Respons Dinamik dengan Wireless Sensor Network. Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi (JNTETI), 7(3), 338–343. https://doi.org/10.22146/jnteti.v7i3.444

Buckingham, E., 1914., On physically similar systems. Physical Review, IV(4), 345.

Harris, GH, and Sabnis, MG., 1999., Structural modeling and experimental techniques (2nd ed.). Boca Raton: CRC Press.

Cai, CS, and Chen, SR., 2004., Framework of vehicle–bridge–wind dynamic analysis, Journal of Wind Engineering and Industrial Aerodynamics, 92, 579–607

Wang, T., Han, W., Yang, F, and Kong, W., 2014., Wind-vehicle-bridge coupled vibration analysis based on random traffic flow simulation, Journal of Traffic and Transportation Engineering, 1 (4), 293-308

Zhong, H., Yang, M, and Gao, ZJ., 2015., Dynamic responses of prestressed bridge and vehicle through bridge–vehicle interaction analysis, Engineering Structures, 87, 116–125

Yoshimura, M., Wi, Q., Takahashi, K., Nakamura, S, and Furukawa, K., 2006. Vibration analysis of the second Saiki Bridge – a concrete filled turbular (CFT) arch bridge, Journal of Sound and Vibration 290, 388-409.

Coppolino, RN, 2014. Structural Dynamic Test – Analysis Correlation, Proceeding of the 32nd IMAC, A Conference and Exposition on Structural Dynamics.

Memory, TJ., 1995. Thambaritnam, DP and Brameld GH, Free vibration analysis of bridge, Engineering Structures, Vol. 17, No. 10, pp. 705-713.




DOI: https://doi.org/10.31002/jom.v5i2.5275

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.