Title:


RENCANA PEMASARAN HOTEL ARYUKA YOGYAKARTA


Author:


Mail Hifni Muhammad Nasikh(1*)

(1) , 
(*) Corresponding Author
10.31002/rn.v1i1.560| Abstract views : 253 | PDF views : 0

Abstract


Meningkatnya jumlah wisatawan dan orang-orang yang berkunjung di Daerah Istimewa Yogyakarta yang menggunakan jasa akomodasi hotel baik yang berasal dari nusantara maupun mancanegara setiap tahunnya menjadi salah satu faktor yang menarik minat banyak jaringan hotel nasional maupun internasional untuk menanamkan modalnya di Daerah Istimewa Yogyakarta. Dalam kurun waktu 2008 sampai dengan 2013 rata-rata mengalami peningkatan jumlah pengguna hotel berbintang dan melati sebesar 15,56 persen pertahun. Pembangunan hotel di DIY juga terus mengalami peningkatan. Dalam kurun waktu 2011 sampai 2013 jumlah hotel berbintang meningkat 20,83 persen pertahun sedangkan jumlah kamar meningkat 15,31 persen pertahun. Untuk hotel melati jumlah hotel meningkat 7,71 persen pertahun sedangkan jumlah kamar meningkat 11,01 persen pertahun. Tingkat hunian rata-rata dalam kurun waktu 2010 sampai dengan 2013 hotel bintang dan melati meningkat berkisar antara 1 persen sampai 3 persen pertahun. Hotel Aryuka adalah hotel melati yang berada di Jl. Kaliurang KM 5,8 Pandega Satya No. 12 Ring Road Utara Sleman DIY menawarkan produk meliputi gedung dengan 24 kamar yang terbagi dalam empat macam dan dilengkapi berbagai fasilitas dengan rentang harga Rp. 250.000 - Rp. 650.000. Analisis dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif. Menurut Cooper dan Schlinder (2011 : 160) penelitian kualitatif adalah rangkaian teknik interpretasi yang akan menjelaskan, menginformasikan, menerjemahkan, dan menjelaskan makna hasil data yang dikumpulkan dari wawancara, observasi, studi kasus, dan riset sehingga mendapatkan kesimpulan dari penelitian. Hasil penelitian ini adalah pemosisian produk terlihat pada harga kamar, desain bangunan, dan pelayanan yang secara garis besar dapat diartikan hotel kelas murah untuk orang-orang masa kini dan dinamis serta dengan pelayanan yang ramah dan menyertakan unsur budaya jogja.

Keywords


Rencana pemasaran, Hotel, Lokasi Yogyakarta

Full Text:

PDF

References


Cooper, Donald R., & Schindler, Pamela S. (2011), Business Research Methods, 11th edition, United States: McGraw-Hill Companies, Inc

Cravens, David W. & Piercy, Nigel F. (2013), Strategic Marketing, 10th edition, Singapore: McGraw-Hill Companies, Inc

Gaspersz & Vinfcent (2005), Total Quality Management, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kasali, Rhenald (2003), Membidik Pasar Indonesia: Segmenting Targeting Positioning, Jakarta: PT. Gramedia.

Kotler, P. & Keller, Kavine L. (2012), Marketing Manajemen, 14th edition, England: Person Education, Inc.

Naikwadi, P.A. & Chaskar, P.M. (2012), “Implication of Marketing Plan: For Marketing Library and Information Services”, Indian Streams Reseach Journal, Vol. 2.

Porter, Michael E. (2008), The Five Competitive Forces That Shape Strategy, Harvard Business Review

Thompson, Arthur A., Peteraf, Margaret A., Gamble, John E. & Strickland III, A. J. (2012), Crafting and Executing Strategy, 18th edition, United Stated: McGraw-Hill Companies, Inc.




DOI: https://doi.org/10.31002/rn.v1i1.560

Article Metrics

Abstract view : 253 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Riset Ekonomi Manajemen (REKOMEN)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
   
 Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Tidar

Creative Commons License
Jurnal REKOMEN (Riset Ekonomi Manajemen) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.