Title:


PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP KEBUTUHAN MODAL KERJA DAN NET LIQUID BALANCE: STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA


Author:


Mail Deni Ramdani(1*)

(1) , 
(*) Corresponding Author
10.31002/rn.v1i1.562| Abstract views : 124 | PDF views : 0

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan modal kerja dan net liquid balance pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa efek Indonesia periode 2008-2012. Sampel dari 39perusahaan manufaktur yang dijadikan penelitian. Hasil keseluruhan menunjukan bahwa tobins q, financial leverage, ROA, growth, fluktuasi penjualan tidak berpengaruh pada kebutuhan modal kerja dan net liquid balance. Variabel operating cash flow yang mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap kebutuhan modal kerja dan net liquid balance. Output Perusahaan memiliki arus kas tinggi akan memiliki kapasitas yang lebih besar untuk menghasilkan arus kas internal dan mempunyai implikasi pada tingkat aktiva lancar (cash, receivable, inventory) yang tinggi dikarenakan biaya lebih rendah dari dana yang di investasikan dalam modal kerja dengan peningkatan arus kas operasi. Penelitian ini memberikan kontribusi untuk literatur tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan modal kerja dan net liquid balance.

Keywords


Kebutuhan modal kerja, net liquid balance, tobins q, financial leverage, ROA, growth, fluktuasi penjualan, operating cash flow

Full Text:

PDF

References


Accenture (2011). Do Your Operations Have a Working Capital Mindset? Managing Working Capital for Sustained High Performance. Financial Management Review.

Afza, T. and Nazir, M.S. (2009). Impact of Aggressive Working Capital Management Policy on Firms’ Profitability. The IUP Journal of Applied Finance.

Appuhami, B.,A.,R. (2008). The Impact of Firm’s Capital Expenditure on Working Capital Management: An Empirical Study across Industries in Thailand. International Management Review, 4(1),8-21.

Brigham, E.F. and Ehrhardt, C. (2011). Financial Management (13thed). United Stated of America: South Western, 650, 659, 662, 663, 667.

Chiou, J.,Cheng, L.,dan Wu, H. W. (2006). The Determinants of Working Capital Management. Journal of American Academy of Business, 10(1), 149-155.

Ghozali, Imam. (2001) Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Singh, P. (2008). Inventory and Working Capital Management: An Empirical Analysis. The Icfai University Press.




DOI: https://doi.org/10.31002/rn.v1i1.562

Article Metrics

Abstract view : 124 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Riset Ekonomi Manajemen (REKOMEN)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
   
 Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Tidar

Creative Commons License
Jurnal REKOMEN (Riset Ekonomi Manajemen) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.