Determinasi Kinerja Tenaga Penjual Studi Kasus Pada SPBU Majapahit Sendangguwo - Sendangguwo 44.501.15
Abstract
SPBU Majapahit Sendangguwo 44.501.15 merupakan salah satu usaha dagang yang berorientasi kepada pelanggan,walaupun terjadi penurunan jumlah penjualan di SPBU Majapahit Sendangguwo sejak tahun 2005 hingga pertengahan tahun 2008. Responden dalam penelitian ini adalah karyawan SPBU Majapahit Sendangguwo yang berjumlah 32 orang. Data diperoleh melalui data primer dengan cara membagikan kuesioner untuk ditanggapi dan dengan data sekunder melalui beberapa data yang diperoleh dari SPBU Majapahit Sendang-guwo.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi pelanggan serta kepuasan kerja terhadap kinerja penjualan pada SPBU Majapahit Sendangguwo. Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian regresi berganda menunjukan bahwa (a) orientasi pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja penjualan, (b) kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja penjualan.
.
Full Text:
PDFReferences
Bagozzi, P. Richard, 1980, Performance and
Satisfaction In An Industrial Sales
Force: An Examination of Their
Antecendent and Simultaneity,
Journal of Marketing, Vol. 44, Spring.
Boles et. al, 2001, An Examination of The Relationships Between Retail Work Environments, Salesperson SellingOrientation, Customer Orientation
and Job Performance, Journal of
Marketing Theory and Practice,
Summer.
Ghozali, Imam, 2006, Aplikasi Analisis
Multivariete dengan Program SPSS,
Semarang, BP-UNDIP.
Howe et. al, 1994, The Relationship Between Ethical and Customer Oriented Service Provider Behaviors, Journal of Business Ethics, 13.
Martono, 2004, Studi Mengenai Perilaku
Manajer Penjualan dan Performa
Penjualan, Jurnal Sains Pemasaran
Indonesia, Vol. 3 No. 1, Mei
Nugroho Agung, Bhuono, 2005, Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian dengan SPSS, Yogyakarta, Andi Offset.
Raharjo Agung, 2004, Analisis Sikap Konsumen
Terhadap Produk Air Minum Aqua
Di Wilayah Semarang Tengah,
Skripsi
Sekaran, Uma, 2006, Research Methods For
Business, Salemba Empat, Jakarta
Supranto, 2000, Statistik dan Teori Aplikasi, Erlangga, Jakarta.
Sutopo dan Sutono, 2004, Pengaruh Perilaku Etis dan Orientasi Pelanggan terhadap Kinerja Tenaga Penjual: Sebuah Studi Pada Industri Asuransi Asuransi Jiwa di Semarang, Jurnal Bisnis Strategi, Vol.13, Desember
Yosevina, Ch. Ratna Tercia, 2004, Analisis Sikap Kewirausahaan dan Orientasi
Pelanggan Serta Implikasinya
Terhadap Kinerja Tenaga Penjualan:
Studi Empiris Pada Tenaga
Penjualan Motor Pada Dealer PT.
ASTRA HONDA Di Kota
Semarang, Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Vol. 3 No. 3, Desember.
DOI: https://doi.org/10.31002/rn.v1i2.711
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Riset Ekonomi Manajemen (REKOMEN)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal REKOMEN (Riset Ekonomi Manajemen) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.