Title:


Pengaruh Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah terhadap Pertumbuhan Ekonomi, Pengangguran, Kemiskinan, dan Indeks Pembangunan Manusia Dengan Studi Kasus Kabupaten Yang Ada di Provinsi Jawa Tengah.


Author:


Mail Susi Astuti(1*)
Mail Mispyanti Mispiyanti(2)

(1) , 
(2) , 
(*) Corresponding Author
Abstract views : 263 | PDF views : 0

Abstract


Pengelolaan keuangan daerah yang baik dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut. Kualitas pertumbuhan ekonomi yang baik dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang diikuti dengan berkurangnya tingkat pengangguran dan angka kemiskinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja keuangan pemerintah daerah terhadap pertumbuhan ekonomi, pengangguran, kemiskinan, dan Indeks Pembangunan Manusia. Penelitian ini untuk membuktikan secara empiris bahwa pertumbuhan ekonomi, pengangguran, kemiskinan, dan Indeks Pembangunan Manusia kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Kualitas pertumbuhan ekonomi berpengaruh terhadap kesejahteraan masyarakat. Pertumbuhan ekonomi biasanya diikuti oleh pengurangan kemiskinan, peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), serta perluasan lapangan kerja. Alat uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi sederhana menggunakan program SPSS. Data diperoleh dari laporan keuangan Pemerintah Daerah dan Badan Pusat Statistik (BPS) untuk menguji secara ilmiah tentang pengaruh kinerja keuangan terhadap pertumbuhan ekonomi, pengangguran, kemiskinan, dan Indeks Pembangunan Manusia.
Hasil penelitian ini menunjukkan kemandirian, efisiensi efektivitas, belanja operasi, belanja modal,pertumbuhan, dan ketergantungan tidak berpengaruh pada Indeks Pembangunan Manusia. Sedangkan derajat desentralisasi berpengaruh pada Indeks Pembangunan Manusia. Kemandirian, efisiensi, efektivitas, pertumbuhan ketergantungan, dan derajat desentralisasi tidak berpengaruh pada Kemiskinan. Sedangkan belanja operasi dan belanja modal berpengaruh pada Kemiskinan. Kemandirian, efektivitas, belanja modal, pertumbuhan, ketergantungan, dan derajat desentralisasi tidak berpengaruh pada Pengangguran. Sedangkan efisiensi dan belanja operasi berpengaruh pada Pengangguran. Kemandirian, efisiensi, efektivitas, belanja operasi, belanja modal, pertumbuhan, ketergantungan, dan derajat desentralisasi tidak berpengaruh pada Pertumbuhan Ekonomi.


Keywords


kinerja keuangan; pertumbuhan ekonomi; pengangguran; kemiskinan; Indeks Pembangunan Manusia

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 263 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.