Determinan Kesetiaan Pelanggan Di Klinik Perawatan Kulit Larrisa Aesthetic Center

Findi Wulandari, Waluyo Budi Atmoko, Nang Among Budiadi

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh variabel kesetiaan pelanggan. Komitmen disebabkan oleh pelanggan. Kepercayaan di pengaruhi oleh kesetiaan pelanggan, komitmen. Kepuasan di pengaruhi oleh kesetiaan pelanggan, kepercayaan, komitmen. Kualitas pelayanan di pengaruhi oleh kepuasan, kepercayaan. Data diperoleh melalui kuesioner yang dibagikan kepada pelanggan yang melakukan perawatan kulit di Klinik Larrisa Surakarta. Teknik penyampelan yang digunakan yaitu purposive sampling sebanyak 200 responden. Uji hipotesis menggunakan analisis permodelan persamaan struktural (Structural Equation Modelling - SEM). Hasil penelitian mendapatkan hasil variabel komitmen berpengaruh signifikan terhadap kesetiaan pelanggan, variabel kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap kesetiaan pelanggan, variabel kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap komitmen, variabel kepuasan berpengaruh signifikan terhadap kesetiaan pelanggan, variabel kepuasan berpengaruh signifikan terhadap komitmen, variabel kepuasan berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan, variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan, variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan.

Kata Kunci : Kesetiaan Pelanggan; Komitmen; Kepuasan; Kepercayaan; Kualitas Pelayanan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.