Title:


FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BERWIRAUSAHA


Author:


Mail Wildan Fauzi Husna(1)
Mail Marlina Kurnia(2*)
Mail Dahli Suhaeli(3)

(1) Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia
(2) Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia
(3) Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Abstrak

Badan Pusat Statistik (BPS) mempublikasikan mengenai jumlah masyarakat Indonesia yang tidak bekerja menurut tingkat pendidikannya. Secara agregat, angka pengangguran terdidik mengalami penurunan. Tetapi, jika dilihat secara parsial, angka pengangguran terdidik lulusan diploma dan sarjana mengalami kenaikan. Padahal pihak universitas sudah memberikan bekal pendidikan kewirausahaan agar mahasiswa setelah lulus mampu menciptakan sumber pendapatan secara mandiri, sehingga jumlah masyarakat yang tidak bekerja menurun. Tujuan penelitian ini dilakukan guna menguji pengaruh lingkungan keluarga, kepribadian, lingkungan kampus, serta pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha. Pengumpulan sampel dilakukan menggunakan matode purposive sampling sebanyak 100 responden. Regresi linier berganda  digunakan sebagai alat analisis  dengan pertolongan program SPSS 26.0. Penelitian menunjukkan adanya hasil bahwa kepribadian mempengaruhi minat berwirausaha secara positif, lingkungan keluarga mempengaruhi minat berwirausaha secara positif, lingkungan kampus mempengaruhi minat berwirausaha secara positif, serta pendidikan kewirausahaan mempengaruhi minat berwirausaha secara positif. Implikasi dari penelitian ini adalah baik pihak universitas maupun pemerintah untuk selalu memberikan rangkaian event untuk memberi ruang mahasiswa mencurahkan kemampuan berwirausahanya.

 

Kata kunci: Kepribadian; Lingkungan Keluarga; Lingkungan Kampus; Pendidikan Kewirausahaan; Minat Berwirausaha

Abstract

Badan Pusat Statistik (BPS) released the number of educated unemployment. In aggregate, the educated unemployment rate has decreased. However, if viewed partially, the number of educated unemployment for diploma and undergraduate graduates has increased. Even though the university has provided entrepreneurship education so that after graduation students can open jobs independently, so that the unemployment rate decreases. This study aims to examine the effect of personality, family environment, campus environment, and entrepreneurship education on interest in entrepreneurship. The sampling method used purposive sampling with a total sample of 100 respondents. The analytical tool used is multiple linear regression with the help of SPSS version 26.0 program. The results of the study indicate that personality has a positive effect on interest in entrepreneurship, family environment has a positive effect on interest in entrepreneurship, campus environment has a positive effect on interest in entrepreneurship, and entrepreneurship education has a positive effect on interest in entrepreneurship. The implication of this research is that both the university and the government always provide a series of events to give students space to devote their entrepreneurial skills.

 

Keywords: Personality; Family environment; Campus environment; Entrepreneurship Education; Entrepreneurial Intention


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.