Title:


PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN TRANSPORTASI ONLINE GOJEK DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris Pada Pengguna Layanan Go-Ride Di Kota Magelang)


Author:


Mail Ramadzani Fitriana(1*)
Mail Luk Luk Atul Hidayati(2)
Mail Muhdiyanto Muhdiyanto(3)

(1) Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia
(2) Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia
(3) Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dan kualitas Pelayanan terhadap keputusan penggunaan transportasi online gojek dengan minat beli sebagai variabel moderating. Data dalam penelitian ini ada data primer. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen dimana pernah menggunakan layanan transportasi online Gojek di Kota Magelang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dengan metode unknown population. Alat analisis yang digunakan yaitu moderated regression analysis (MRA) dengan bantuan program SPSS 25. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan, kualitas pelayanan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan penggunaan. Variabel minat beli tidak memoderasi hubungan antara promosi terhadap keputusan penggunaan. Variabel minat beli tidak memoderasi hubungan antara kualitas pelayanan terhadap keputusan penggunaan.

 

Kata kunci: Promosi; Kualitas Pelayanan; Minat Beli; Keputusan Penggunaan


Full Text:

PDF

References


Agus Irawan. 2014. Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Memilih Program Studi (Studi Pada Jurusan Akuntansi dan Jurusan Administrasi Bisinis di Politeknik Negeri Banjarmasin).

Azwar, S. 2011. Reabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Basu Swastha. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Penerbit Liberty-Yogyakarta.

Budianto, A. 2015. Manajemen Pemasaran. Edisi Revisi. Penerbit Ombak: Yogyakarta.

Chairul Arif. 2017. Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Transportasi Ojek Gojek (Studi Kasus Pada Mahasiswa FEB Unsrat.

Christian, S. 2018. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian: Peran Minat Beli Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Manajemen Strategi dan Aplikasi Bisnis, Vol 1, No 2. Published by LPMP Imperium.

Chrow. 2010. Manajemen Penelitian.

Durianto. 2013. Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: Penerbit Gramedia Pustaka Utama

Dwi, A. A & Gustini. 2017. Pengaruh Gaya Hidup Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Penggunaan Taksi Online Blue Bird. Jurnal Imiah Manajemen & Akuntansi. 23(2), 72-88.

Fandy Tjiptono. 2015. Strategi Pemasaran. Yogyakarta. Andi

Febriano C.P., Mananeke L., dan Tatoreh N,. 2018. Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Lokasi, dan Kualitas Pelayanan Pada Pt. Inodmaret Manado Unit Jalan Sea. 6(4), 3068-3077. Jurnal Emba. ISSN 2303-1174.

Sulianta, Feri. 2015. Keajaiban Sosial Media. Jakarta, Elex Media Kompetindo.

Firmansyah, M. Anang. 2018. Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivarite dengan Program IB SPSS 23 (Edisi 8). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Jogiyanto. 2008. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Yogyakarta: CV. andi Offset.

Juhaeri. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Ojek Online Gojek Di Kota Tangerang Selatan. Jurnal Ilmiah Prodei Manajemen Universitas Pamulang, Vol 7., No 1., 29-43.

Kandoli J. 2019. Analisa Pengaruh Proosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Penggunaan Taxi Online Gocar Oleh Mahasiswa FEB Unsrat. Jurnal EMBA. Vol. 17. No. 3. Hal. 3458-3467.

Ketmi, N.S,. & Istriani, Ety., 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jsa Transportasi Online Grab-Cardi Yogyakara. Prosiding SENDI_U. ISBN: 978-979-3649-99-3.

Kotler dan Keller. 2014. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi Ke 13. Jakarta: Erlangga

Lee, Nancy R dan Philip Kotler. 2011. Sosial Marketing: Influencing Behaviors for Good. US . Sage Publication, Inc.

Lucas, D. B. 2102. Measuring Advertising Effectiviteness McGraw. Hill, New York.

Lupiyoadi. 2008. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Munawaroh, Y. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Pemahaman Peraturan Perpajakan Dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Bumi dan Bangunan di Desa Sdiorejo Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo.

Panjaitan, I. 2016. Pengaruh Pelayanan Dan Harga Pada Gojek Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Minat Sebagai Variabel Moderating. Media Studi Ekonomi Vol 19., No. 2., 43-55.

Kotler, Philip & Amstrong. 2014. Principles Of Marketing. 15th Edition . Pearson Prentice Hall. New Jersey.

Kotler, Philip Kevin Lane Keller. 2016. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Pradana, A. 2018. Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Proses Keputusan Pembelian Jasa Grabcar. e-Proceeding of Management, ISSN: 2355-9357

Pranomo, S & Sukmawati, S,. 2012. Pertimbangan Membeli Produk Barang Maupun Jasa. Jakarta: Intidayu Press.

Siti Mabruroh & Hidayati, N. 2018. Pengaruh Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menggunakan Gojek Pada Mahasiswa Unisma Di Kota Malang. e-Journal Riset Manajemen Prodi Manajemen.

Sopiah & Sangadji, E. 2013. Perilaku Konsumen – Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: ANDI

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualittif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sujarweni. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualittif, dan R&D. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Supranto. 2016. Statistik Teori dan Aplikasi Edisi Kedepan. Jakarta: Erlangga

Sutisna. 2001. Perilaku Konsumen dan Komunika Pemasaran. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.

Swastha, B. 2002. Manajemen Pemasaran Edisi Kedua. Jakarta: Penerbit Liberty.

Wenas, R. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Hrga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Aplikasi Gojek. Jurnal EMBA, Vol. 6. No 4. Hal 2778-2787.

Wibowo, M. E., Daryantom A., & Rifin, A. 2018. Strategi Pemasaran Produk Sosis Siap Makan (Studi Kasus: PT Primafood Internasional). MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 13(1), 29.

Wulandari. 2018. Keputusan Penggunaan Layanan Go-ride.


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.