Title:


STRATEGI INDEX CARD MATCH PADA MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA


Author:


Mail Egidius Dewa(1*)
Mail Oktavianus Ama Ki`i(2)

(1) Universitas Katolik Widya Mandira Kupang, Indonesia
(2) Universitas Katolik Widya Mandira Kupang, Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Strategi pembelajaran yang sering digunakan oleh guru fisika dalam pelaksanaan pembelajaran lebih didominasi oleh metode ceramah dengan media pembelajaran hanya berupa buku paket dan jarang dilakukan praktikum karena minimnya peralatan laboratorium IPA. Penggunaan model pembelajaran yang monoton serta minimnya kegiatan praktikum berdampak kepada  rendahnya minat dan motivasi belajar peserta didik sehingga ketuntasan hasil belajar peserta didik mengalami penurunan. Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, keterampilan kooperatif peserta didik, ketuntasan indikator hasil belajar, ketuntasan hasil belajar, dan respon peserta didik terhadap proses pembelajaran dengan menerapkan strategi Index Card Match dalam model kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif design dengan model penelitian one group pretest posttest. Sampel penelitian adalah kelas XI MIA 3 SMA Negeri 9 Kupang. Instrumen penelitian menggunakan lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran, tes hasil belajar kognitif, penilaian hasil belajar (afektif dan psikomotor), lembar pengamatan keterampilan kooperatif peserta didik dan lembar isian respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran berada dalam kategori cukup baik, keterampilan kooperatif peserta didik berada pada kategori sangat baik, indikator hasil belajar berada pada kategori tuntas, hasil belajar peserta didik berada pada kategori tuntas, dan respon peserta didik terhadap pelaksanaan pembelajaran berada pada kategori sangat baik.


Keywords


index card match, teams games tournament, kemampuan guru, keterampilan kooperatif, hasil belajar.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2747-1217