Title:


OPTIMALISASI PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI MELALUI APE


Author:


Mail Linda Dwiyanti(1*)
Mail Rosa Imani Khan(2)

(1) Universitas Nusantara PGRI Kediri, Indonesia
(2) Universitas Nusantara PGRI Kediri, Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


ABSTRAK

Masa Usia dini masa yang paling potensial sebagai dasar mengembangkan segala aspek perkembangan anak. Dimana aspek-aspek tersebut akan saling berkaitan satu sama lain dan berkembang seiring dengan tahapan usia anak. Bahasa merupakan salah satu aspek penting dalam perkembangan anak usia dini. Adapun indikator dalam kemampuan bahasa anak adalah menyimak, membaca, menulis,dan berbicara. Kemampuan bahasa awal anak akan menjadi dasar berkomunikasi dengan orang lain, bersosialisasi dengan lingkungan. Proses perkembangan aspek bahasa pada anak bersifat unik. Sehingga di dalam proses pembelajarannya, dikemas melalui kegiatan bermain sambil belajar. Melalui bermain anak akan merasa bahagia, dan nyaman melakukan proses belajar kemudian menggali pengetahuan serta kemampuan berbahasanya. APE merupakan salah satu sumber belajar yang digunakan guru sebagai alat bantu dalam mecapai tujuan pembelajaran. Dengan APE ini anak dapat bermain sekaligus mengembangkan kemampuan bahasanya melalui bermain dengan komponen-komponen alat permainan tersebut.

Kata kunci: Perkembangan Bahasa, Anak Usia Dini, APE.

 

ABSTRACT

Early childhood The most potential period as a basis for developing all aspects of child development. Where these aspects will be related to one another and develop along with the stages of the child's age. Language is an important aspect in early childhood development. The indicators for children's language skills are listening, reading, writing and speaking. Children's early language skills will be the basis for communicating with others, socializing with the environment. The process of developing aspects of language in children is unique. So that in the learning process, it is packaged through play activities while learning. Through playing children will feel happy, and comfortable doing the learning process and then explore the knowledge and language skills. APE is a learning resource that is used by teachers as a tool in achieving learning objectives. With this APE children can play while developing their language skills through playing with the components of the game tool.

Keywords: Language Development, Early Childhood, APE.


Keywords


Language Development, Early Childhood, APE.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Astini, B.N., et.al, “Identifikasi Pemanfaatan Permainan Edukatif (APE) dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia Dini” , jurnal pendidikan anak, vo;,6, no.1, 2017.

Astuti, Sri, “Method of Language Development Early Childhood”, Proceeding International Seminar of Early Childhood Care And Education, pp. 396-410, 2018.

Aulina, N.S. Pengaruh Penguasaan Kosakata Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pedagogia, vo.l.1, no.2, pp. 131-143, 2012.

Djamarah, S.B., “Psikologi Belajar (Edisi 2”, Jakarta: Rineka Cipta, 2008.

Dwiyanti, L., Khan, R. I, Kurniawati, E., “Developmen of Smart Adventure Games to Improve the Readiness of the Initial Ability of Reading and Writing (CALIS) on Early Childhood. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol 2, no.2, pp. 149-154, 2018.

Fauziyah, A., & Aisyah “Pengaruh Media Boneka Wayang Kardus Terhadap Kemampuan Bercerita Anak”, Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 1, no. 2, pp. 1-5, 2019.

Herdiati, M. F., Kustiawan, U., Suryadi, “Pengembangan Alat Permainan Keranjang Pintar Dalam Pembelajaran Berbicara Anak Kelompok B di Taman Kanak-Kanak”, jurnal ilmu pendidikan, vol.2, no.2, pp. 178-183, 2017. Press, 2005.

Helyantini, Soetopo, “Panduan Guru Alat Permainan Edukatif”, Jakarta: Erlangga.

Hurlock, E.B., “Perkembangan Anak” Jakarta: Erlangga, 1995.

Sisdiknas , “Undang- Undang Sistem Pendidikan Nasional” , Jakarta : Kemendikbud, 2003.

Sugiono dan Kuntjojo. “Pengembangan Model Permainan Pra- Calistung Anak Usia Dini”, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 10, no. 1, pp. 255-276, 2016.

Sujiono,Yuliani,N., “Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini”, Jakarta: PT Indeks, 2012.

Syamsuardi., “Penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE di Taman Kanak- Kanak PAUD Polewali Kecamatan Tatene Riattang Barat Kabupaten Bone, Jurnal Publikasi Pendidika, vol.11, no.1, 2012.

Marianti, Ni Made, E.,Pudjawan, K., & Raga, I Gede, “Penerapan Picture And Picture Berbantuan Media Kartu Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Di TK Dharma Kumala Penatahan”, e-Journal PG-PAUD Universita Pendidikan Ganesha, vol.2, no.1, 2014.

Mus’adah, N., Laili dan Fachrurrazi, Ahmad, Pengaruh Permainan Kartu Gambar Pada Pemerolehan Kosa Kata Anak Usia 5-6 Tahun, Incrementapedia:Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, pp. 43-51, vol.2, no.1, 2020.

Mutiani, Ani “. Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini Melalui Penggunaan Gambar Seri”, Bandung: UPI, 2013.

Obimeluozo, E. P., & Melefa, O. M., “Strategies for Enhancing Language Development as a Necessary Foundation for Early Childhood Education. Journal of Education and Practice”, vol.5, no.5, pp.147-155, 2014.

Wiyani, N.A., Barawi “. Format PAUD: Konsep, Karakteristik, & Implementasi Anak Usia Dini. Jogjakarta: AR-Ruzz Media. 2012.

Zaman, Badru, dkk. “Media dan Sumber Belajar TK”, Jakarta::Universitas Terbuka, 2007.

Zaman, Badru, “Pengembangan Alat Permainan Edukatif di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini”, Bandung: UPI, 2011.

Zubaidah, Enny, “ Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini dan Teknik Pengembangannya di Sekolah”. Jurnal cakrawala indonesia, th.XXIII, no.3, pp 459-479, 2004


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2747-1217