Title:


Implementasi Kemampuan Berpikir Simbolik Melalui Penggunaan Media Flannel Board pada Anak Usia 5-6 Tahun


Author:


Mail Rista Dwi Permata(1*)
Mail Risma Nugrahani(2)

(1) Universitas PGRI Ronggolawe Tuban, Indonesia
(2) Universitas PGRI Ronggolawe Tuban, Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Pendidikan anak usia dini merupakan titik awal pendidikan seorang anak dalam mengembangkan kemampuan yang terdapat pada diri individu dan awal anak mempersiapkan diri untuk pendidikan selanjutnya. Terdapat beberapa kemampuan yang harus dikembangkan pada diri anak, salah satunya yaitu kemampuan berpikir simbolik yang masuk dalam ranah kognitif. Seperti permasalahan yang ada di TK Cahaya Mandiri, kemampuan berpikir simbolik anak dalam hal lambang bilangan masih rendah. Karena anak masih berada pada tahap mengenal simbol, dengan memanfaatkan media flannel board anak dapat dilatih kemampuan berpikir simbolik yang dilakukan dengan kegiatan bermain. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan berpikir simbolik melalui penggunaan media flannel board. Bentuk penelitian ini adalah Classroom Action Research yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Subjek penelitian yaitu anak kelompok B TK Cahaya Mandiri yang berjumlah 20 anak yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 13 anak perempuan. Metode pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir simbolik anak meningkat, yaitu pada siklus 1 sebesar 52,5%, sedangkan siklus II sebesar 87,5% sehingga mengalami peningkatan sebesar 35%. Maka dapat ditarik kesimpulan yaitu terdapat peningkatan kemampuan berpikir simbolik melalui penggunaan media flannel board pada anak usia 5-6 tahun.

Keywords


Kemampuan Berpikir Simbolik, Flannel Board

Full Text:

PDF

References


S. Nopayana, R. Deti, and M. H. Ismail, “UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN BESERTA LAMBANG BILANGAN PADA ANAK MELALUI MEDIA PAPAN FLANEL MODIFIKASI,” PPJ PAUD, vol. Vol 7, No., 2016.

R. C. Pionika, Sasmiati, and A. Sofia, “Penggunaan Media Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia Dini,” J. Pendidik. Anak, vol. Vol. 5, No, 2019.

D. Mutiah, Psikologi bermain anak usia dini. Kencana, 2015.

W. Sanjaya, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Renalda Media Group, 2012.

M. Fristoni, “Penggunaan Media Papan Flanel Untuk Meningkatkan Proses Pembelajaran Tematik Pada Siswa Sekolah Dasar,” J. Penelit. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. Vol 1, No, 2013.

S. Arikunto, Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara, 2010.


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2747-1217