Title:


EVALUASI KINERJA SIMPANG BERSINYAL DI SIMPANG ARTOS MAGELANG DARI ASPEK LALU LINTAS


Author:


Mail Sukoco Jati Santoso(1*)
Mail Evi Puspitasari(2)
Mail Muhammad Amin(3)

(1) Universitas Tidar, 
(2) , 
(3) , 
(*) Corresponding Author
Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Simpang Artos merupakan simpang bersinyal yang terletak di perbatasan Kabupaten dan Kota Magelang. Simpang tersebut menjadi titik pertemuan kendaraan dari arah Yogyakarta, Semarang, Purworejo, dan Kota Magelang. Volume lalu lintas kendaraan melewati simpang tersebut terbilang tinggi, sehingga apabila dilihat dari kondisi lapangan terjadi kemacetan yang diakibatkan dari menurunnya kinerja simpang bersinyal.

Pada penelitian ini untuk mengevaluasi kinerja simpang dengan menghitung derajat kejenuhan pada saat kondisi eksisting, maka akan didapatkan panjang antrian danĀ  tundaan simpang rata-rata. Tundaan tersebut digunakan untuk parameter Level Of Service (LOS). Metode yang digunakan adalah MKJI 1997 dan aplikasi PTV VISSIM.

Hasil dari analisis mengunakan MKJI 1997 pada kondisi eksisting nilai tundaan simpang rata-rata sebesar 128,70 det/smp dengan Level Of Service F. Sedangkan, nilai tundaan simpang rata-rata menggunakan aplikasi PTV VISSIM pada kondisi eksisting 100,70 det/smp dengan Level Of Service F. Jadi kinerja simpang eksisting di Simpang Artos di Tahun 2021 memiliki Level Of Service lebih dari 60 det/smp (LOS F). Jadi simpang tersebut diperlukan alternatif lain seperti dibangun fly over dan pelebaran jalan, sehingga dapat mengurangi permasalahan kemacetan dan meningkatkan kinerja simpang bersinyal.


Keywords


Simpang Bersinyal, MKJI 1997, PTV VISSIM, Level Of Service

Full Text:

PDF

References


Anita, D., M. J. Paransa, Lintong, E., 2015. Evaluasi Kinerja Simpang Bersinyal Jalan 17 Agustus - Jalan Babe Palar Kota Manado. Jurnal Sipil Statik, Volume 3 No. 09.

Departemen Pekerjaan Umum, Direktorat Jendral Bina Marga. (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia.

Dewantoko, A., 2016. Kinerja Simpang Bersinyal Dengan Alternatif Fly Over Di Simpang By-Pass mojokerto Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.

Dolaris, E., Farni, I. & Hasan, M., 2019. Analisis Kinerja Simpang Empat Khatib Sulaiman (Studi Kasus Simpang Khatib Sulaiman, Kota Padang). Jurnal Tugas Akhir Teknik Sipil, Volume 2 No. 02.

Febrian, F., 2014. Analisis Perencanaan Penerapan Persimpangan Bersinyal Dinamis (Actuated Traffic Control Ststem) Pada Persimpangan Di kota Palembang. Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan, Volume 02. No. 03.

Gerung, A., James, A. T., & Joice E. W., 2015. Kajian Lalu Lintas Pada Rencana Pembangunan Fly Over Persimpangan Maumbi. Jurnal Ilmiah Media Engineering, Volume 5 No. 01.

Hudoyo, R., 2016. Efisiensi Rencana Fly Over Kali Banteng Kota Semarang Dalam Mengatasi Kemacetan Dari Sisi Pengguna. Pasca Sarjana Megister Teknik, Universitas Diponegoro, Semarang.

Misdalena, F., 2019. Evaluasi Kinerja Simpang Bersinyal Simpang Jakabaring Menggunakan Aplikasi Microsimulatot VISSIM 8.00. Jurnal Desimasi Teknologi, Volume 07 No.01.

Kementerian Perhubungan. (2015). Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 96 Tahun 2015 tentang Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas. Jakarta.

Rohman, F., 2017. Optimalisasi Unit Dikyasa Mengatasi Kemacetan Arus Lalu Lintas Melalui Dikmas Lantas Di Polres Magelang. Jurnal Akademi Kepolisian Republik Indonesia.

Siswanto, A., Putro, S.,& Tjahjono, H., 2012. Kajian Tingkat Kemacetan Lalu Lintas Pada Jaringan Jalan Yang Menjadi Akses Masuk Kota Semarang. Jurnal UNES, Volume 1 No. 01.

Yuli, A. K., Rhaptyalyani, 2016. Efisiensi Rencana Pembangunan Fly over Persimpangan Jalan Kol. Burlin-Jalan Tanjung Api Api Kota Palembang Untuk Mengatasi Kemacetan. Jurnal Penelitian dan Kajian Bidang Teknik Sipil, Volume 5 No. 01.


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2747-1217