Title:


EVALUASI INEFISIENSI DAN FAKTOR PENYEBAB PADA PROYEK PEMBANGUNAN RUMAH SAKIT PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG


Author:


Mail Apriliani Citra Rizki Faulida(1*)
Mail Evi Puspitasari(2)
Mail Herlita Prawenti(3)

(1) Universitas Tidar, 
(2) Universitas Tidar, 
(3) Universitas Tidar, 
(*) Corresponding Author
Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Pembangunan proyek konstruksi di Indonesia yang terus meningkat setiap tahun dapat memberikan dampak negatif, salah satunya berupa inefisiensi. Inefisiensi merupakan ketidakefisienan yang ditimbulkan dari bahan, sumber daya manusia, dan waktu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mencegah inefisiensi yang sering terjadi dan menjelaskan faktor – faktor yang menjadi penyebabnya pada Proyek Pembangunan Rumah Sakit Pendidikan Universitas Muhammadiyah Semarang.

Pengambilan data dilakukan dengan kuesioner dengan responden dari jabatan Project Manager, Logistik, Quality control , Pelaksana Lapangan, Drafter , K3, Pengadaan, dan Admin. Analisis data menggunakan SPSS untuk pengujian validitas dan reliabilitas, selanjutnya dilakukan analisis perangkingan dengan metode borda untuk mengetahui efisiensi yang sering terjadi dan faktor penyebabnya berdasarkan hasil rangking tiap variabel.

Hasil penelitian menunjukkan lima variabel inefisiensi yang paling sering terjadi pada Proyek Pembangunan Rumah Sakit Pendidikan Universitas Muhammadiyah Semarang antara lain adalah terjadinya penambahan jenis pekerjaan, sisa material/bahan berserakan, pekerjaan pengerjaan ulang dan perbaikan , sering terjadi pemindahan material dilokasi, dan waktu menunggu instruksi. Sedangkan untuk variabel faktor yang paling berpengaruh dalam menyebabkan inefisiensi yaitu perubahan desain, gambar kerja yang tidak jelas, revisi dan distribusi gambar yang lambat, serta perencanaan dan penjadwalan yang buruk.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2747-1217