Title:


Desain Mesin Giling Hybrid Autonomy Green Energy System untuk Meningkatkan Kualitas Produktivitas Jamu Bubuk


Author:


Mail Johan Pamungkas(1*)
Mail Hery Teguh Setiawan(2)
Mail Abid Juliant Indraswara(3)
Mail Sevty Ayu Saputri(4)

(1) Universitas Tidar, 
(2) Universitas Tidar, 
(3) Universitas Tidar, 
(4) Universitas Tidar, 
(*) Corresponding Author
10.31002/jeecit.v2i1.3909| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Berkembangnya teknologi saat ini memudahkan manusia dalam berbagai bidang. Khususnya penggunaan energi alternatif yang mampu memberikan dampak positif menjaga lingkungan serta memiliki efektivitas dan efisiensi tinggi baik dari segi biaya, perawatan, dan penggunaan. Berbagai inovasi teknologi energi alternatif banyak digunakan pada bidang industri rumahan yang memberikan banyak keuntungan dalam memproduksi suatu barang. Masa pandemi COVID-19 mendorong masyarakat membeli produk untuk meningkatkan ketahanan tubuh, salah satunya jamu. Meningkatnya permintaan produk di masyarakat maka meningkat pula produksi jamu yang harus dibuat. Industri rumahan yang ada mengembangkan olahan jamu masih cara tradisional dengan cara menumbuk, sehingga menghasilkan produk relatif lama dan dalam jumlah sedikit. Dengan  teknologi mesin giling yang di-hybrid­-kan dengan teknologi Autonomy Green Energy System maka olahan jamu yang sudah disesuaikan resep dapat digiling secara halus menghasilkan bubuk jamu yang siap konsumsi dan dapat menghasilkan produk dalam jumlah banyak. Teknologi Autonomy Green Energy System mampu menekan biaya penggunaa listrik pada mesin giling, teknologi photovoltaic yang ada memanfaatkan energi matahari untuk menghasilkan energi listrik yang ramah lingkungan serta memiliki efektivitas dan efisiensi tinggi.


Full Text:

##Full Text##

References


D. Maulana, “Perancangan Alat Penggiling Kacang Dengan Motor Listrik Menggunakan Metode Reverse Engineering,” Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, 2017.

A. E. S. D. U. Fitzgerald, Mesin-Mesin Listrik. Jakarta: Erlangga, 1997.

W. Handini, “Performa Sel Surya Tersensitasi Zat Pewarna (DSS) Berbasis ZnO Dengan Variasi Tingkat Pengisian dan Besar Kristalit TiO,” Universitas Indonesia, Jakarta, 2008.

A. H. Goetzberger, Photovoltaic Solar Energy Generation. Springer, 2005.

N. Tlili, B. Neily, and F. B. Salem, “Modeling and simulation of hybrid system coupling a photovoltaic generator, a PEM fuel cell and an electrolyzer (Part I),” in 2014 IEEE 11th International Multi-Conference on Systems, Signals Devices (SSD14), Feb. 2014, pp. 1–8, doi: 10.1109/SSD.2014.6808808.

T. Mulyanto and Supriyono, “Perancangan Mesin Penggiling Jagung Tongkolan,” J. ASIIMETRIK, vol. 1.1, Jan. 2019, Accessed: Sep. 10, 2020. [Online]. Available: http://teknik.univpancasila.ac.id/asiimetrik/.

D. Ganjar Subagio, “Rancang Bangun Mesin Tepung Obat Tradisional Dengan Penambahan Blower Penghisap Pada Ruang Giling,” J. Teknol. Bahan Dan Barang Tek., vol. 1, no. 1, pp. 1–6, Desember 2011.

R. Paramawati, S. Triwahyudi, R. Yuliana Gultom, and Mardison, “Rekayasa Mesin Penepung Tipe Double Jacket Untuk Komoditas Bofarmaka,” J. Enj. Pertan., vol. VI, no. 2, p. 93, Oct. 2008.




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/jeecit.v2i1.3909

Article Metrics

Abstract view : 0 times
##Full Text## - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Universitas Tidar



e-ISSN : 2745-6412 p-ISSN : 2797-1740