Title:


Implementasi Inverter Pure Sine Wave Untuk Pemanfaatan Energi Surya


Author:


Mail Abdul Muis Prasetia(1*)

(1) Universitas Borneo, 
(*) Corresponding Author
10.31002/jeecit.v2i1.3953| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Energi listrik merupakan kebutuhan yang sangat vital dalam kehidupan manusia sehari-hari. Berdasarkan konsumsi energi listrik di semua sektor cenderung akan meningkat terus setiap tahunnya dengan laju pertumbuhan 9% per tahun. Perbandingan kebutuhan energi listrik tidak sebanding dengan sumber energi yang tersedia membuat tidak semua kebutuhan energi listrik terpenuhi. Kondisi ini menyebabkan terjadinya krisis pasokan listrik dan menimbulkan pemadaman listrik. Upaya untuk memenuhi kebutuhan energi yang terus meningkat guna menekan konsumsi energi fosil memacu dikembangkannya sumber alternatif dari energi angin dan energi surya.

Energi angin dan energi surya pada dasarnya akan menghasilkan tegangan DC (Direct Current), sedangkan peralatan listrik pada umumnya menggunakan sumber listrik AC (Alternating Current), untuk itu perlu sebuah alat konversi energi listrik DC menjadi AC atau biasa disebut inverter. Inverter dapat digunakan sebagai emergency sistem saat aliran listrik utama padam. Berdasarkan permasalahan kebutuhan energi listrik peneliti melakukan implementasi inverter pure sine wave yang dapat mengkonversi tegangan DC ke tegangan AC sebagai bentuk pemanfaatan energi baru dan terbarukan yang dapat digunakan untuk menjaga ketersedian listrik. Hasil penelitian menunjukkan inverter mampu menbangkitkan gelombang pure sine wave dengan frekuensi 50 Hz dan tegangan 220 Volt.


Full Text:

##Full Text##

References


Majid, A., Eliza, & Hardiansyah, R., “Alat Automatic Transfer Switch (ATS) Sebagai Sistem Kelistrikan Hybrid Sel Surya Pada Rumah Tangga. Jurnal Surya Energy, 2018, Vol. 2 No. 2,, 172-178.

Mulyadi, A., Zulfikar, & Zulhelmi. Desain Sistem Transfer Beban Otomatis dari Sumber PLN ke PLTS Pada Waktu Beban Puncak (WBP). Jurnal Online Teknik Elektro, 2017, Vol.2 No.4, 73-77.

Badri, M. A., Kurniawan, E., & Ekaputri, C., “Desain dan Implementasi Inverter 1 Fasa Pada Catu Daya Cadangan Untuk Sistem Hybrid”. e-Proceeding of Engineering, 2017, Vol.5, No.1, 5-14.




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/jeecit.v2i1.3953

Article Metrics

Abstract view : 0 times
##Full Text## - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Universitas Tidar



e-ISSN : 2745-6412 p-ISSN : 2797-1740