Title:


Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Edamame Akibat Macam Media Tanam dan Pemberian Cendawan Mikorza Arbuskular (CMA)


Author:


Mail Dr Agus Suprapto, S.P(1)
Mail Wike Oktasari, S.P., M.Sc(2)
Mail Ain Rosa Firmansyah(3*)

(1) Universitas Tidar, 
(2) Universita Tidar, 
(3) , Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/vigor.v8i1.7173| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract



Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pertumbuhan dan hasil kedelai edamame (Glycine max (L.) Merr) yang efektif berdasarkan jenis media tanam dan pemberian jamur mikoriza arbuskula. Penelitian dilakukan pada bulan Maret 2022 sampai Agustus 2022 di Desa Salamkanci Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang dengan ketinggian ± 349 m dpl. Percobaan faktorial (3 x 4) disusun dalam rancangan acak kelompok lengkap dengan tiga ulangan. Faktor pertama adalah jenis media tanam yaitu: tanah; arang sekam, tanah; kotoran ayam, soi; arang sekam; kotoran ayam. Faktor kedua adalah dosis jamur mikoriza arbuskular (CMA) yaitu: 10 g, 15 g, 20 g, dan 25 g. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis media tanam yang digunakan berpengaruh sangat nyata terhadap tinggi tanaman, jumlah polong per tanaman, dan kandungan protein benih kedelai segar. berpengaruh nyata terhadap bobot biji segar per tanaman, tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap bobot polong isi per tanaman dan bobot 100 biji kering. Jenis media tanam dengan tanah; arang sekam; Pupuk kandang ayam yang digunakan menghasilkan jumlah polong isi per tanaman yang paling banyak, dan berat biji segar per tanaman. Dosis CMA yang digunakan memiliki kandungan protein biji kedelai segar yang sangat nyata dan dosis 20 g yang digunakan memberikan efek yang lebih tinggi. Terdapat interaksi antara jenis media tanam dan dosis CMA terhadap kadar protein benih kedelai segar. dan bobot biji segar per tanaman. Dosis CMA yang digunakan memiliki kandungan protein biji kedelai segar yang sangat nyata dan dosis 20 g yang digunakan memberikan efek yang lebih tinggi. Terdapat interaksi antara jenis media tanam dan dosis CMA terhadap kadar protein benih kedelai segar. dan bobot biji segar per tanaman. Dosis CMA yang digunakan memiliki kandungan protein biji kedelai segar yang sangat nyata dan dosis 20 g yang digunakan memberikan efek yang lebih tinggi. Terdapat interaksi antara jenis media tanam dan dosis CMA terhadap kadar protein benih kedelai segar.


Full Text:

PDF

References


Kusuma, A. H., Izzati, M, dan Saptiningsih, E. 2013. Pengaruh Penambahan Arang dan Abu Sekam dengan Proporsi yang Berbeda terhadap Permeabilitas dan Porositas Tanah Liat serta Pertumbuhan Kacang Hijau (Vigna radiata L.) Buletin Anatomi dan Fisiologi. 21(1): 1-9.

Pambudi, S., 2013. Budidaya dan Khasiat Kedelai Edamame Cemilan Sehat dan Lezat Multi Manfaat. Pustaka Baru. Yogyakarta.

Parapasan, Y dan R.G. Adryade. 2014. Waktu dan Cara Aplikasi Cendawan Mikoriza Arbuskular (CMA) pada Pertumbuhan Bibit Tanaman Kopi. Jurnal Penelitian Pertanian Terapan, 13(3): 203-208.

Pranata, A.S. 2004. Pupuk Organik Cair Aplikasi dan Manfaatnya. Agromedia Pustaka. Jakarta.

Purnomo, R., N. Sjamsijah, dan M. Bintoro. 2017. Respon Produksi Benih Kedelai Edamame (Glycine max (L.) Merill) terhadap Pemberian Kolkisin. Prosiding Seminar Nasional. 27 November 2017. Jurusan Produksi Pertanian Politeknik negeri Jember. 1-9.

Ramadhani M., F. Silvina, dan Armaini.2016. Pemberian Pupuk Kandang dan Volume Air terhadap Pertumbuhan dan Hasil Kedelai Edamame (Glycine max (L) Merril). Jurnal Faperta 3 (1): 1-13.

Sudiarti, D., 2018. Pengaruh Pemberian Cendawan Mikoriza Arbuskula (CMA) terhadap Pertumbuhan Kedelai Edamame (Glycin Max). Jurnal Ain Health, 2(2): 5-12.

Widiastuti, E., dan E. Latifah. 2016. Keragaan Pertumbuhan dan Biomassa Varietas Kedelai (Glycine max (L)) di Lahan Sawah dengan Aplikasi Pupuk Organik Cair. Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia. 21 (2): 90-97.

Yusuf, F., J. Hadie. M. Fadly dan H. Yusran. 2017. Respon Tanaman Kedelai terhadap Serapan Hara NPK Pupuk Daun yang Diberikan Melalui Akar dan Daun Pada Tanah Gambut dan Podsolik. Jurnal Daun. 4 (1): 17-28.




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/vigor.v8i1.7173


DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31002/vigor.v8i1.7173.g3146

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VIGOR: JURNAL ILMU PERTANIAN TROPIKA DAN SUBTROPIKA (JOURNAL OF TROPICAL AND SUBTROPICAL AGRICULTURAL SCIENCES), ISSN: 2597-6869 (online) is published by PROGRAM STUDI AGROTEKNOLOGI, FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS TIDAR

Main Indexing :