Title:


Sosialisasi Pencegahan Covid–19 Melalui Poster Dan Video Edukasi Di Kelurahan Potrobangsan


Author:


Mail Muhammad Ali Aziz(1)
Mail Muchammad Nurul Yasin(2*)
Mail Ahmad Muhlisin(3)

(1) Universitas Tidar, Indonesia
(2) Universitas Tidar, Indonesia
(3) Universitas Tidar, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/abdipraja.v3i1.3884| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Permasalahan yang muncul sejak adanya pandemi covid-19 di Indonesia adalah kurangnya kesadaran masyarakat mengenai bahaya covid-19, untuk itu perlu dilakukan sosialisasi mengenai pencegahan penularan covid-19. Sosialisasi pencegahan covid-19 di RW V Potrobangsan merupakan salah satu upaya untuk mencegah menyebarnya covid-19 di kalangan masyarakat. Kurangnya agenda sosialisasi dan minimnya kesadaran masyarakat dalam upaya pencegahan penyebaran covid-19 di RW 5 Potrobangsan menjadi alasan diadakannya kegiatan ini. Melalui kegiatan edukasi diharapkan warga dapat memperoleh wawasan lebih tentang covid-19 dan pencegahannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Kegiatan yang dilaksanakan adalah edukasi secara langsung dan tak langsung. Edukasi secara langsung berupa penempelan poster di tempat umum (mading desa dan warung ) dan gang masuk. Poster berisi tentang berbagai upaya pencegahan covid-19 dan starterpack dalam menghadapi era new normal. Sementara edukasi secara tak langsung dilaksanakan secara daring dengan menyampaikan video edukasi melalui whatsapp grup dan youtube. Penyampaian video edukasi melalui whatsapp grup disertai penjelasan dalam teks chat agar mudah dipahami. Pada kegiatan ini masyarakat sangat antusias dalam mengikutinya dengan bertanya jawab dan sharing seputar pencegahan covid-19. Hambatan yang ditemui dalam kegiatan ini diantaranya terbatasnya sarana komunikasi sehingga dalam penyampaiannya tidak dapat menyeluruh kepada semua warga.


Keywords


sosialisasi, covid-19

Full Text:

PDF

References


Fatimah, I. R. (2020). Dampak Meningkatnya Harga Masker di Tengah Mewabahnya Covid-19 di Kalangan Masyarakat Ditinjau dari Sudut Pandang Tindakan Manusia.

Irene, Saleh, R. R., Foreso, B., Djuanda, R. E., Prayogo, A., Arianti, A., et al. (2020, Maret 18). Pesan Para Dokter terkait Covid-19. Dipetik April 18, 2020, dari Youtube alobatnic:http://youtu.be/F1liXodT3MQ

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Telaumbanua, D. (2020). Urgensi Pembentukan Aturan Terkait Pencegahan Covid-19 Di Indonesia. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 12(1), 59-70.




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/abdipraja.v3i1.3884

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.