Title:
Pendampingan Belajar dari Rumah dan Al-Quran pada Masa New Normal di Dusun Pencar, Sindumartani, Ngempak, Sleman
Author:
Abstract
Sekolah merupakan tempat terjadinya aktivitas berkumpul dan berinteraksi antara guru dan siswa, dalam masa pandemi covid-19 untuk mengurangi penyebaran virus tersebut pelaksanaan kegiatan pembelajaran sekolah dilakukan dari rumah. Proses pembelajaran daring membuat anak-anak kesulitan beradaptasi dengan sistem pembelajaran dari rumah dikarenakan ilmu yang didapatkan siswa tidak maksimal. Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan program rutin sebagai bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi di Indonesia. Maka salah satu program kerja KKN Tematik melaksanakan kegiatan pendampingan belajar. Tujuan dari kegiatan pengabdian yaitu memberikan pendampingan bagi siswa SD dalam mengikuti kegiatan belajar dari rumah (BDR) dan meningkatkan motivasi siswa SD untuk belajar Al-Quran pada masa new normal. Kegiatan ini melibatkan siswa SD yang bertempat tinggal di Dusun Pencar. Kegiatan pendampingan BDR dilaksanakan selama 1-2 jam dalam 1 hari menyesuaikan dengan jadwal belajar online anak-anak supaya tidak mengganggu pembelajaran anak di sekolah. Selanjutnya, kegiatan belajar Al-Qur’an dilaksanakan tiga kali dalam seminggu yaitu hari Selasa, Kamis dan Minggu pada sore hari. Kegiatan pengabdian memberikan manfaat, wawasan dan pengetahuan kepada anak-anak di Dusun Pencar, Sindumartani, Ngemplak, Sleman yaitu membantu menyelesaikan tugas dari guru, meningkatkan prestasi dan motivasi belajar serta meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifa. (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19. Vol. XII. No. 7.
Hamdani & Priatna. (2020). Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) Dimasa Pandemi Covid-19 Pada Jenjang Sekolah Dasar di Kabupaten Subang. Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang. Vol. VI. No. 01.
Sari, dkk. (2020). Dampak Pembelajaran Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar Selama Covid-19. Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol. 2. No. 1.
Yunitasari & Hanifah. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Masa Covid-19. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol. 2. No. 3.
Abdurrohman, Dede. 2017. Efektivitas Program Pembelajaran Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di TPA Al-Hikmah Desa Sidosari Natar Lampung Selatan. Skripsi. FITK, Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Raden Intan , Lampung.
Malik, Hatta Abdul. 2013. Pemberdayaan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Alhusna Pasadena Semarang. Jurnal llmu Pendidikan. Vol. 13. No. 2.
DOI: http://dx.doi.org/10.31002/abdipraja.v3i1.4051
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Cited By
Refbacks
- There are currently no refbacks.