Title:


PKM Pendamping Komunitas Migran Pekerja Industri dalam Pengasuhan Anak Usia Dini


Author:


Mail Google Scholar mustakim mustakim(1*)
Mail Ode Mohamad M. A. L.(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Gresik, Indonesia
(2) Universitas Muhammadiyah Gresik, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/abdipraja.v2i2.4372| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Tujuan kegiatan pelatihan sebagai kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk pendamping komunitas migran pekerja industri dalam pengasuhan anak yakni untuk memberikan pelayanan edukasi komuntas migran tentang pola pengasuhan anak, keterbukaan publik tentang akses pendidikan anak, edukasi orang tua pemanfaatan teknologi yang menunjang belajar anak, dan pekerjaan orang tua sebagai daya dukung belajar anak. Metode pelatihan ini secara daring selama dua hari, mulai tanggal 25-26 Juni 2021 melalui aplikasi zoom meeting dengan peserta sebanyak 13 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Gresik. Teknik analisis pelatihan melalui tiga tahapan yakni (1) perencanaan pelatihan, meliputi proses rekuitmen peserta pelatihan calon pendamping komunitas migran, persiapan materi, dan penentuan waktu pelaksanaan pelatihan dengan menggunakan media zoom metting; (2) pelaksanaan pelatihan, meliputi kegiatan pelatihan hari pertama 25 Juni 2021 di mulai pukul 08.00 WIB-11.00 WIB, dan hari kedua 26 Juni 2021 dimulai pukul 08.00-12.00 WIB, adapun materi yang disampaikan meliputi pola pengasuhan anak komunitas migran, keterbukaan publik dengan akses pendidikan anak sesuai dengan tingkat usia, pemanfaatan teknologi, dan pekerjaan orang tua sebagai daya dukung pendidikan anak usia dini; dan (3) evaluasi pelatihan, meliputi penilaian kemampuan peserta pelatihan dalam menerima materi pelatihan, kemampuan dalam menyelesaikan masalah yang terjadi di komunitas migran, kemampuan argumen peserta pelatihan dalam mencari solusi dari masalah yang dikaji, dan kemampuan peserta pelatihan dalam memberikan pendampingan baik secara teoritis dan aplikatif. Hasil pelatihan peserta pelatihan menjadi pendamping komunitas migran dalam memberikan edukasi dan wawasan untuk orang tua pekerja industri dalam memberikan pendampingan belajar anak sesuai dengan nilai-nilai positif, norma, ajaran agama, memberikan perlindungan anak, pendidikan, kasih sayang, pembinaan, pengawasan, dan memberikan fasilitas teknologi yang menunjang dalam proses belajar anak selama pandemi covid-19.


Keywords


pelatihan, komunitas migran, pekerja industri, dan pengasuhan anak usia dini.

Full Text:

PDF

References


Christakis, D. A. (2009). The effects of infant media usage: What do we know and what should we learn? Acta Paediatrica, International Journal of Paediatrics, 98(1), 8–16.

Ghuman, H. S., Weist, M. D., & Shafer, M. E. (1999). Demographic and clinical characteristics of emotionally disturbed children being raised by grandparents. Psychiatric Services, 50(11), 1496–1498.

Helmawati. (2014). POLA ASUH ANAK DALAM KELUARGA, 65–66.

Hurlock, Elizabeth, B. (1978). Child Development (terj. Med Meitasari Tjandrasa). New York: Mc Graw Hill.

Mustakim, Farhan, H., Liliawati, A, Ladamay O.M.M.A, Musayyachah, Pratiwi, R. S. (2021). Pengasuhan orang tua anak usia dini di era disrupsi. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(36), 19–35.

Purwanto, M. N. (2019). Ilmu pendidikan teoretis dan praktis. PT Remaja Rosdakarya.

Ruhyana, N. F. (2018). Aksesibilitas Anak Mengikuti Pendidikan Anak Usia Dini Di Kabupaten Sumedang. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 13(2), 101–111.

Yulianingsih, W., & Nugroho, R. (2021). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19, 5(2), 1138–1150.




DOI: https://doi.org/10.31002/abdipraja.v2i2.4372

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.