Title:


Workshop Pengembangan Asesmen Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi pada Musyawarah Guru Mata Pelajaran IPA


Author:


Mail Dian Safitri(1*)
Mail Wira Yustika Rukman(2)
Mail Muhammad Wajdi(3)

(1) Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
(2) Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
(3) Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/abdipraja.v3i1.5507| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Jeneponto merupakan salah satu Kabupaten yang ada di provinsi Sulawesi Selatan, dengan jumlah Sekolah Menengah Pertama (SMP) 75 yang terdiri dari 65 SMP Negeri dan 10 SMP Swasta yang tersebar di 11 kecamatan. Berdasarkan hasil survei dengan menggunakan angket dan wawancara dengan guru-guru IPA pada Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) gugus Binamu-Turatea diperoleh informasi bahwa guru-guru IPA belum pernah mengikuti pelatihan maupun workshop tentang bagaimana mengembangkan dan memberdayakan asesmen keterampilan berpikir tingkat tinggi. Permasalahan yang dihadapi mitra adalah belum pernah mengikuti dan mendapatkan materi tentang bagaimana mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi sehingga belum mengetahui pentingnya keterampilan berpikir tingkat tinggi diberdayakan untuk siswa SMP, belum mengetahui seperti apa asesmen keterampilan berpikir tingkat tinggi, belum mengetahui manfaat asesmen keterampilan berpikir tingkat tinggi, belum mampu menyusun asesmen keterampilan berpikir tingkat tinggi, dan belum mengetahui bentuk asesmen keterampilan berpikir tingkat tinggi. Pengabdian yang dilakukan untuk menjawab dan menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh mitra MGMP IPA gugus Binamu-Turatea. Solusi yang ditawarkan oleh tim pengabdian kepada mitra untuk mengatasi masalah yang dihadapi berupa workshop pengembangan asesmen keterampilan berpikir tingkat tinggi. Metode pelaksanaan kegiatan adalah dengan menggunakan model pembelajaran Technology, Paedagogy, and Contet Knowledge (TPACK) yang merupakan model yang digunakan dalam workshop dan dilanjutkan dengan daring. Model TPACK terdiri dari 4 langkah yaitu: Pemahaman (P) observasi-instruksi (O), latihan instruksi (L), refleksi (R). Hasil kegiatan adalah bertambahnya pengetahuan dan keterampilan guru IPA dalam mengembangkan asesmen keterampilan berpikir tingkat tinggi seperti asesmen keterampian berpikir kritis, berpikir kreatis, pemecahan masalah dan metakognitif. Luaran yang diharapkan dari kegiatan pengabdian ini berupa publikasi ilmiah pada jurnal ABDPRAJA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Achmad, S. Nuddin, H. Marsoedi. (2012). Kondisi Dan Manfaat Langsung Ekosistem Hutan Mangrove Desa Penunggul Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan. El-Hayah, 2(2) Maret 2012.

Chiang, L.C. & Lee, H. (2016). The Effect of Project-Based Learning on Learning Motivation and Problem-Solving Ability of Vocational High School Students. International Journal of Information and Education Technology, 6 (9), 709-721.’

Chotimah, H. (2016). Studi Awal Peningkatan Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK Paket Keahlian Keperawatan melalui Modul Biologi dengan Strategi Pembelajaran Think Pair Share. Reserach Report. 70-75.

Keziah, A.A. (2010). A Comparative Study of Problem-Based and Lecture Based Learning in Secondary School Students’ Motivation to Learn Science. International Journal of Science and Technology Education Research, 1 (6), 126-131.

King, F. J., Rohani, F., & Goodson, L. (1997). State Wide Assessment Of Listening And Verbal Communicatio Skills, Information Literacy Skills, And Problem-Solving Skills. Tallahassee: Florida State University.

Prayitno, B.A. (2011). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Biologi SMP Berbasis Inkuiri Terbimbing Dipadu Kooperatif STAD serta Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Metakognisi, dan Keterampilan Proses Sains pada Siswa Berkemampuan Akademik Atas dan Bawah. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Quellmalz, E.S. (1985). Needed: Better Methods for Testing Higher-Order Thinking Skills. Education Leadership. Retrivied 11 Agustus 2019. https://pdfs.semanticscholar.org/2b0e/93706824be685c9a22708e0b33a990f04612.pdf Resnick, L. (1987). Education and Learning to Think. Washington, DC: National Academy Press.

Tindangen, M. (2006). Potret Pembelajaran, Masalah Kemampuan Berpikir, dan Alternatif Pendekatan Pembelajaran di SD. Jurnal Sekolah Dasar, 15 (2), 117-127




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/abdipraja.v3i1.5507

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.