Title:


Peningkatan Pengelolaan Kelas Guru MI di Kecamatan Bandongan Melalui Pelatihan dan Pendampingan Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif


Author:


Mail Yesi Franita(1*)
Mail Zuida Ratih Hendrastuti(2)
Mail Ervinna Nurizkytha(3)
Mail Rifqi Ahlul Setiawan(4)

(1) Universitas Tidar, Indonesia
(2) Universitas Tidar, Indonesia
(3) Universitas Tidar, Indonesia
(4) Universitas Tidar, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/abdipraja.v5i1.8107| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilatarbelakangi adanya permasalahan mitra, yaitu masih banyaknya guru di MIS Raudlatuddin Salamkanci dan MIS Al Ulum Wonolelo Kecamatan Bandongan yang menggunakan metode dan model pembelajaran konvensional berupa ceramah dalam mengajar, sehingga situsi pembelajaran cenderung monoton dan kurang menarik minat siswa. Selain itu, minimnya pelatihan yang diterima oleh guru dari kedua sekolah mitra membuat para guru juga memiliki referensi yang terbatas terkait model-model pembelajaran kooperatif. Program kemitraan masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam pengelolaan kelas melalui pengembangan dan penerapan model pembelajaran kooperatif, sehingga pengetahuan yang diperoleh selama kegiatan pelatihan dan pendampingan dapat langsung digunakan oleh guru di kelas. Pelatihan dilaksanakan dengan ceramah dan diskusi, praktik merancang model pembelajaran, dan simulasi penggunaan model pembelajaran. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan melalui tiga tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Instrumen yang digunakan sebagai evaluasi kegiatan ini berupa angket respon peserta. Hasil dari kegiatan ini, yakni meningkatnya kemampuan dan keterampilan guru-guru dari kedua sekolah mitra dalam hal merencanakan, mengembangkan, dan menerapkan model-model pembelajaran kooperatif. Berdasarkan kegiatan pengabdian yang telah dilaksanakan, secara garis besar dapat disimpulkan bahwa guru dari sekolah mitra mendapatkan manfaat dari kegiatan pengabdian dalam hal peningkatan pengelolaan kelas melalui merancang, mengembangkann, dan menerapkan model pembelajaran kooperatif dengan rerata sebesar 85% dan merasa cukup puas dengan kegiatan yang dilaksanakan berdasarkan angket respon peserta dengan persentase sebesar 82,63%.

Keywords


model pembelajaran kooperatif; pelatihan; pendampingan; pengelolaan kelas

Full Text:

PDF

References


Ali, I. (2021). Pembelajaran kooperatif (Cooperative Learning) dalam pengajaran pendidikan agama Islam. Journal Mubtadiin, 7(1), 247–264.

Armanto, D., Suprayetno, E, Sinaga, k, Sugiarto, A. (2021). Pelatihan penyusunan instrumen penilaian berbasis HOTS bagi guru SD IT Taman Cahaya Siantar. RESWARA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2), 379–386.

Eduard, Sugiarto, A., Sinaga, K., Heryanto, & Suprayetno, E. (2022). Pelatihan penggunaan model pembelajaran kooperatif bagi guru-guru SD Taman Cahaya Pematang Siantar. MEJUA JUA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 14–19.

Hasanah, Z. (2021). Model pembelajaran kooperatif dalam menumbuhkan keaktifan belajar siswa. IRSYADUNA: Jurnal Studi Kemahasiswaan, 1(1), 1–13.

Republik Indonesia. (2003). Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003.

Widodo, S.F.A. (2006). Menerapkan metode cooperative learning dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. HUMANIKA, 6(1), 15 – 25.




DOI: https://doi.org/10.31002/abdipraja.v5i1.8107

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.