Title:


STRATEGI REACT DALAM PEMBELAJARAN KIMIA SMA


Author:


Mail Riva Ismawati(1*)

(1) universitas Tidar, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/ijose.v1i1.413| Abstract views : 1210 | PDF views : 0

Abstract


Materi kimia SMA dirasa sulit untuk dipahami karena memuat konsep yang dianggap bersifat teoritis, abstrak, dan tidak nyata. Akibatnya, kegiatan pembelajaran kimia di kelas kurang bermakna. Kegiatan pembelajaran kimia perlu diarahkan pada kegiatan aktif siswa dengan mengaitkan materi pembelajaran dengan situasi nyata. Artikel ini merupakan gagasan mengenai penerapan strategi pembelajaran REACT. Strategi REACT merupakan implementasi pendekatan pembelajaran kontekstual melaui tahap-tahapannya yaitu relating (mengaitkan), experiencing (mengalami), applying (menerapkan), cooperating (bekerja sama), transferring (memindahkan). Hasil kajian mendorong guru untuk merencanakan dan menerapkan kegiatan pembelajaran aktif menggunakan strategi REACT.  

 

Kata Kunci: pembelajaran aktif, pembelajaran contextual, strategi REACT


Full Text:

PDF

References


Bjornavold, J. (2000). Making Learning visible : Identification, Assesment and Recognition of Non-Formal Learning in Europe : ERIC.

Borko, H., Mayfield, V. (1995). The Roles of the Cooperating Teacher and University Supervisor in Learning to Teach. Teaching and Teacher Education, 11(5), 501-518.

Crawford, M. (2001). Teaching Contextually : Research, rationale, and techniques for Improving Students Motivation and Achievement in Mathematics and Science. Texas : CCI Publishing.

Durotulaila, A., H., Masykuri, M., Mulyani, B. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, transferring) dengan Metode Experimen dan Penyelesaian Masalah Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau dari kemampuan Analisis Siswa. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 3(4),66-74.

Davtyan, R. (2014). Contextual Learning. ASEE Zone I Conference. USA : University of Bridgeport.

Depdiknas. (2003). Standar Kompetensi Mata Pelajaran Kimia SMA dan MA. Jakarta : Pusat kurikulum Balitbang.

Falk, J. H., Dierking, L., D. (2000). Learning from Museums : Visitors Experiences and The Making of Meaning. Altamira Press.

Gallagher, J., J. (2007). Teaching Science for Understanding : A Practical Guide for School Teachers. New Jersey : Pearson Merril Prentice Hall.

Gerlai, R. (1998). Contextual learning and Cue Association in Fear Conditioning in Mice : A Strain Comparisonand A Lesion Study. Behavioural Brain Research, 95(2), 191-203.

Ismawati, R., Saptorini, Wijayati, N. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berstrategi REACT terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA kelas XI. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 7(1), 1044-1050.

Johnson, E., B. (2002). Contextual Teaching and Learning : What It Is And Why It’s Here to Stay. Corwin-Volume Discount.

Lent, R., W., Brown, S., D., Brenner, B., Chopra, S., P., Davis, T., Talleyrand, R., Suthakaran, V. (2001) The role of Contextual Supports and Barriers in The Choice of Math/Science Educational options : A Test of Social Cognitive Hypotheses. Journal of Counseling Psychology, 48(4), 474.

Muslich, M. (2007). KTSP Dasar Pemahaman dan Pengembangan. Jakarta : Bumi Aksara.

Nasution. (2000). Berbagai pendekatan dalam Proses belajar dan Mengajar. Jakarta : bumi Aksara.

Navarra, A. (2006). Achieving Pedagogical Equity in the Classroom. Cord Publishing

Nur, M. (2008). Pengajaran Berpusat kepada Siswa dan Pendekatan Konstruktivistik dalam Pengajaran. Surabaya : Pusat Sains dan Matematika Unesa.

Powers, S., Guan, S. (2000). Examining The Range of Student needs in The Design and Development of A Web-Based Course. Instructional and Cognitive Impacts of Web-Based Educatio, 200-216.

Saptorini, & Mursiti, S. (2007) Chemistry Instruction in High School based on Competence Based Curriculum by Inquiry-based Learning Associated with Contectual Teaching and Leraning in The Small Grup. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 1, 71-76.

Sunyono, Wirya, I. W., Suyanto, E., Suyadi, G. (2009). Identifikasi Masalah Kesulitan dalam Pembelajaran Kimia SMA Kelas X di Provinsi Lampung. Jurnal Pendidikan MIPA (JPMIPA), 10(2), 9-18.

Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Suyanti, R., D. (2010). Strategi Pembelajaran Kimia. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Suyono dan Hariyanto. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.31002/ijose.v1i1.413

Article Metrics

Abstract view : 1210 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Indonesian Journal of Science and Education

 Creative Commons License
Indonesian Journal of Science and Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.Copyright © Universitas Tidar. All rights reserved. p-ISSN2598-5213, e-ISSN 2598-5205  View my Stat