The Effect of Research Based Learning Model and Creative Thinking Ability on Students Learning Outcomes
Full Text:
PDFReferences
Abdurrozak, R. Jayadinata, A. Atun, I. (2016). Pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Jurnal Pena Ilmiah. 1(1): 871-880
Anwar, M. (2012). Relationship of creative thingking with the academic achievements of secondary school students. International Interdisciplinary Journal of Education. 1(1): 44-47
Amalia. (2015). Penerapan model eliciting activities untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan self confident siswa SMA. Jurnal Didaktik Matematika. 2(2): 72-87
Arifin, P. (2010). Seminar Nasional Research Based Learning. Bandung: Institut Teknologi Bandung
Blackmore, P. & Fraser, M. (2007). Researching and Teaching. UK:McGraw-Hill International.
Budiman, H. (2011). Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa melalui pembelajaran berbasis masalah berbantuan software cabri 3d. Jurnal Pendidikan MIPA. 13(1): 1-80
Chamdani, M. Suryandari K. Suyanto, I. (2015). Pengembangan research based learning dengan pendekatan scientific melalui lesson study. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. 8(1): 673-682
Chrystis, K. (2015). Research based learning by scientific approach in improving process skill of natural science learning in elementary school. Prosiding Seminar Nasional XI Pendidikan Biologi UNS. 8 (1): 1075-1079
Ersoy, E. Baser, N. (2014). The effects of problem-based learning method in higher education on creative thinking. Procedia - Social and Behavioral Sciences. 116: 3494-3498
Hafsah. (2015). Implementation of research based learning in order to improve the quality of learning. Prosiding Seminar Nasional. 496-504
Hoskins, S. Mitchell, J. (2015). Innovative pedagogies series: Research-based learning, taking it a step further. Higher Education Academy. 1-17
Hursen, C. Kaplan, A. Ozdal, H. (2014). Assessment of creative thinking studies in terms of content analysis. Procedia - Social and Behavioral Sciences. 143: 1177-1185
Karmana. (2013). Memberdayakan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher OrderThinking) Siswa SMA dalam pembelajaran biologi. Jurnal Prisma Sains. (1): 55-65
Karimah, N. (2016). Kemampuan berpikir kreatif siswa berdasarkan gaya belajar pada materi garis dan sudut. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika. 233-243
Kasinyo, H. (2016). Metodologi pembelajaran berbasis active learning. Palembang: Grafindo Telindo
Kuspriyanto, B. Siagian, S. (2013). Strategi pembelajaran dan kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar fisika. Jurnal Teknologi Pendidikan. 6(2): 134-140
Lizelwati, N. (2014). Penerapan model pembelajaran research based learning (RBL) untuk mengembangkan keterampilan kerja ilmiah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan MIPA. 212-217
Luzyawati, L. (2016). Implementasi model project based learning pada materi pencemaran air untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Journal of Biology Education. 5(1): 100-109
Maghfiroh, Susilo, Gofur. (2016). Kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran biologi. Seminar Nasional Pendidikan dan Saintek. 635-639
Munandar, U. (2012). Pengembangan kreativitas anak berbakat. Jakarta: Rineka Cipta
PUPBR Indonesia. (2010). Pedoman umum pembelajaran berbasis riset. Universitas Gadjah Mada
Salimi, M. Susiani, T. Hidayah, R. (2017). Research based learning sebagai alternatif model pembelajaran di lembaga pendidikam. JPSD. 1(3): 1-9
Serevina, V & Muliyati, D. (2015). The development of research based learning for physics education students. Proseding Seminar Nasional Fisika. Universitas Padjadjaran Jatinangor. 25-33
Setiogohadi. (2014). Penerapan model pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ipa. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika. 1(1): 12-21
Srikoon. Buntern. Samranjai. Wattanathorn. (2014). Research synthesis of research-based learning for education in thailand. Procedia - Social and Behavioral Sciences. 116: 913-917
Slavin, R. (2011). Psikologi pendidikan teori dan praktik. Jakarta: PT Indeks
Suaedin, Hunaepi, Mursali, S. (2015). Efektivitas model pembelajaran berbasis masalah terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi “Bioscientist”. 2(1). 96-201
Surya, M. (2015). Strategi kognitif dalam proses pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Tangi, H. (2016). Pengaruh model pembelajaran berbasis riset terhadap hasil belajar. Jurnal JIPERA. 1(1): 16-22
Trisnasih, A. (2013). Peningkatan ketertampilan proses dan hasil belajar IPA melalui model research based learning siswa kelas V SD. e Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. 49-67
Umar, M. (2011). Penembangan pembelajaran berbasis riset di program studi pendidikan fisika FMIPA Universitas Negeri Gorontalo UNG. Laporan Hasil Penelitian Lemlit
Viktorovna, A. (2015). Research into the creative abilities of teachers college students. Procedia - Social and Behavioral Sciences. 191: 1970-1975
DOI: https://doi.org/10.31002/ijose.v2i2.584
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018