Title:


MEMBANGUN KETERAMPILAN RESOLUSI KONFLIK MELALUI PKN DENGAN PENDEKATAN MULTIKULTURAL DI SMK NU TEMANGGUNG


Author:


Mail Rhindra Puspitasari(1*)
Mail Bunyamin Maftuh(2)
Mail Elly Malihah(3)

(1) STAINU Temanggung, Jawa Tengah, 
(2) Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, 
(3) Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, 
(*) Corresponding Author
10.31002/kalacakra.v1i1.2685| Abstract views : 103 | PDF views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana membangun keterampilan resolusi konflik melalui mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan pendekatan multikultural yang dilakukan di SMK NU Temanggung. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya konflik yang terjadi dimasyarakat kita, sehingga perlu membangun ketrampilan resolusi konflik bagi generasi muda, salah satunya adalah siswa SMK NU Temanggung. Siswa SMK yang nantinya akan langsung diserap oleh dunia kerja dan terjun ke masyarakat penting dibekali dengan keterampilan resolusi konflik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan metode deskriptif kualitatif. Analisis data dilakukan dengan triangulasi metode melalui dua siklus. Hasil temuan pada penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus satu menunjukkan bahwa keterampilan resolusi konflik yang dimiliki siswa kelas XI sebanyak 40% dan diperlukan tambahan materi dan metode, sedangkan pada siklus dua setelah ditambah materi dan metode pendekatan multikultural keterampilan resolusi konflik siswa kelas XI meningkat sebanyak 75%. Hal ini menujukkan peningkatan yang berarti.

Keywords


pendekatan multikultural, resolusi konflik, PKn

Full Text:

PDF PDF

References


Afrizon, R, dkk. (2012). Peningkatan perilaku berkarakter dan kemampuan berfikir kritis Siswa kela IX MTsN Model Padang Pada Mata Pelajaran IPAFISIKA menggunakan model Based instruction. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, Vol. 1(1). Hlm. 1-16. DOI: https://doi.org/10.1234/jppf.v1i1.598

Banks, James A. (2009). The routledge international companion to multicultural education. —(Routledge international handbook series). Washington: Taylor & Francis e-Library.

Darmawan. (2010). Penggunaan Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam meningkatkan Kemampuan berfikir Kritis siswa Pada Mata Pelajaran IPS MI Darussadah Pandeglang. Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 11 (2). Hlm. 106-117. http://jurnal.upi.edu/file/3_darmawan.pdf

Dewi, A. (2009). Penerapan Model Pembelajaran BIOCOTS berbantuan media CIA untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan kognitif siswa. Semarang: FMIPA.

Maftuh, Bunyamin. (2008). Pendidikan Resolusi Konflik. Program Studi Pkn Sekolah Pascasarjana UPI; Bandung.

Mazid, Sukron dan Wahyu Prabowo, (2020). Strategi Dakwah Jamaah Kopdariyah Dalam Merawat Kebhinekaan. Civic Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya, Vol 4(1). Hlm. 327-336. DOI: https://doi.org/10.31597/cc.v4i1.179

Muliawan, J. (2010). Penelitian Tindakan Kelas (Class Room Action Research). Yogyakarta: Gava Media.

Muqoyyidin, Andik Wahyun. (2013). Membangun kesadaran inklusif multikultural untuk deradikalisasi pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 2(1). Hlm. 131-151. DOI: https://doi.org/10.14421/jpi.2013.21.131-151

Praptini. (2010). Peranan Pendidikan Multikultural dalam Menanamkan Pendidikan Nilai untuk Membentuk Masyarakat yang Menghargai Budaya Bangsa. Generasi Kampus, Vol. 3 (2). Hlm. 1-19. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/gk/article/download/7002/5994

Rahayu, K. P. (2009). Efektifitas Penerapan Metode Kasus Menggunakan Media Audio Visual terhadap hasil belajar Kimia Siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol. 3 (1). Hlm. 345-353. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/download/1264/1315

Redhana, IW & Liliasari. (2008). Program Pembelajaran Keterampilan Berfikir Kritis Pada Topik Laju Reaksi Untuk Siswa SMA. Forum Kependidikan, Vol. 27 (2). Hlm. 103-112. http://forumkependidikan.unsri.ac.id/userfiles/Artikel%20I%20Wayan%20Redhana-Liliasari%20UPG&UPI%20%28OK%29-ok-nian.pdf

Spaho, Kenan. (2013). Organizational, Communication and Conflict Management. Management, Vol. 18 (1). Hlm. s103-118. https://hrcak.srce.hr/file/153271

Susan, Novri. (2010). Pengantar Sosiologi Konflik dan Isu-isu Konflik Kontemporer. Jakarta; Kencana Prenada Media Group.

Yudhistira, D. (2013). Menulis Penelitian Tindakan Kelas APIK (Asli Perlu Konsisten). Jakarta: Grasindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/kalacakra.v1i1.2685

Article Metrics

Abstract view : 103 times
PDF - 0 times PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
Jurnal Kalacakra is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.