Title:


PENGAMALAN NILAI-NILAI AJARAN “TRINGA” KI HADJAR DEWANTARA DALAM MENYIKAPI PANDEMI COVID 19


Author:


Mail Achmad Busrotun Nufus(1*)
Mail Irnawati Irnawati(2)

(1) Universitas Tidar, Indonesia, 
(2) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, 
(*) Corresponding Author
10.31002/kalacakra.v1i1.2699| Abstract views : 116 | PDF views : 0

Abstract


Semakin bertambahnya jumlah penderita Covid 19 di Indonesia mengakibatkan keprihatinan banyak kalangan, baik yang ada di dalam negeri ataupun di luar negeri. Banyak negara seperti Australia, Malaysia ataupun yang lainnya merasa prihatin dengan penanganan dan penyebaran Covid 19 di Indonesia. Di kawasan Asia Tenggara, Indonesia sampai dengan saat ini 22 Juni 2020 masih menduduki peringkat pertama sebagai negara yang paling banyak kasus Covid 19. Banyak dan meningkatnya jumlah penderita Covid 19 tidak terlepas dari kurangnya kesadaran dan kedisiplinan masyarakat, sehingga perlu kiranya masyarakat  meningkatkan kesadaran, kedisiplinan, pengetahuan serta kepedulian sebagaimana yang dulu pernah diajarkan oleh Ki Hadjar Dewantara melalui ajaran tringa (ngerti, ngerasa, dan ngelakoni). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Sedangkan untuk teknik pengumpulan datanya yakni dilakukan melalui cara observasi, wawancara, dan angket. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa subyek penelitian (baik yang datang dari zona hijau ke merah ataupun zona merah kehijau) sudah memiliki kesadaran, kedisiplinan, pengetahuan, dan juga empati sebagaimana yang sesuai dengan nilai-nilai tringa  yang di ajarkan oleh Ki Hadjar Dewantara.

Keywords


nilai, tringa, pandemi covid 19

Full Text:

PDF

References


Adhe, Kartika Rinakit. (2016). Guru Pembentuk Anak Berkualitas. Jurnal CARE Edisi Khusus Temu Ilmiah, Vol. 3(3) http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD/article/view/602

Anderson , KE. (1972) Introduction to Communication Theory and Practice. Menio Park, Ca: Cumming Publishing Company

D. Goleman. (1996). Kecerdasan Emosional. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

. (1996). Emotional Intelligence Why it Can Matter More Than IQ, Bantam Books, New York.

Indarti, Tri .(2019). Implementasi Tringa Tamansiswa Dalam Manajemen SDM Untuk Kemajuan Sekolah. Jurnal Sosiohumaniora, Vol. 5 (1). Hlm. 28-37 DOI: 10.30738/sosio.v5i1.4048

J.P. Chaplin. (2002). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Qodratillah, Meity Taqdir. (2011) Kamus Bahasa Indonesia Untuk Pelajar. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Rakhmat, Jalaluddin. (2012). Pikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Steven J. Stein, and Book, Howard E. (2003). Ledakan EQ : 15 Prinsip Dasar Kecerdasan Emosional Meraih Sukses, terjemahan Trinanda Rainy Januarsari dan Yudhi Murtanto. Bandung: Kaifa

Wiryopranoto, Suhartono, dkk. (2017) Ki Hadjar Dewantara-Pemikiran dan Perjuangannya. Diterbitkan: Museum Kebangkitan Nasional Direktorat Jendral Kebudayaan Kementrian Sosial dan Kebudayaan

https://Covid19.go.id/p/berita/infografis-Covid-19-21-juni-2020 (diakses pada tanggal 21 Juni 2020, Jam 09.29 WIB)

https://www.accuweather.com/id/id/kupang/205245/april-weather/205245 (diakses tanggal 29 Juni 2020, jam 15.00 WIB)




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/kalacakra.v1i1.2699

Article Metrics

Abstract view : 116 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
Jurnal Kalacakra is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.