Title:


PERAN PENDIDIKAN MULTICULTURALISME DALAM MENCEGAH CULTURE SHOCK DI ERA PANDEMIC COVID 19


Author:


Mail Patma Tuasikal(1*)

(1) Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Biak, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/kalacakra.v2i1.3535| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Rendahnya pendidikan multiculturalisme pada dunia persekolah mengakibatkan rendahnya kompotensi budaya, keterampilan budaya serta pengetahuan budaya yang berpengaruh pada sikap dan perilaku masyarakat ketika dihadapkan pada kehidupan baru secara tiba-tiba. ketidaksiapan masyarakat dalam menghadapi gejala sosial era Covid 19 menimbulkan culture shock karena segala aktifitas dilakukan dari rumah (Stay at Home). Tulisan ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kajian literature serta penyataan 30 peserta didik Kelas X SMK Kesehatan Biak Papua bahwa selama 3 bulan masa pandemic covid 19 mereka mengali culture shock pada fase recovery yaitu fase penyesuain disebabkan aktifitas yang dilakukan secara berulang pada satu titik yang sama yaitu melakukan semua pekerjaan dari rumah, bahkan sekolah dari rumah. sedangkan analisi dalam tulisan menggunakan analisis berdasarkan content isi. Hasil temuan menunjukan culture shock terjadi disebabkan Pendidikan multicultural menganai (1) Kompotensi budaya hanya mengarah pada pengembangan praktek kesenian daripada kompotensi interksi, adaptasi serta komunikasi budaya (2) Perilaku budaya, hanya mengarah pada aktivitas aktif dalam pelaksanaan kegiatan kebudayaan, sehingga perilaku mengenai gender, warna kulit serta menghargai sesama individu tidak dilaksanakan dengan baik, (3) Keterampilan budaya hanya terarah pada peningkatan kesenian setempat sehinggan mengabaikan keterampilan komunikasi, interaksi dan penyesuain dalam hubungan kerjasama, serta rendahnya pemanfaat sumber daya alam setempat untuk dalam peningkatan ekonomis

Keywords


Pendidikan Multiculturalisme; Shock Culture; Covid 19

Full Text:

PDF

References


Abdul Rohman & Yenni Eria Ningsih

(2018).PendidikanMultikultu-ralisme: Penguatan Identitas Nasional Di Era Revolusi Industri 4.0, Seminar Nasional Multidisiplin,ISSN 2654-3184, UNWAHA Jombang 29 September 2018.

Agus Munadir (2016). Strategi Sekolah Dalam Pendidikan Multikulturalisme. Journal Pendidikan Sekolah Dasar, 2 (2), 115-130.

Fathana Haslami (2020). Pentingnya Pendidikan Multikultural Sebagai Upaya Pencegahan Culture Shock. Jurnal Sipatokkong BPSDM Sulawesi Selatan JSBPSDM 1(4)(2020), 314-318.

Furnham, A., & Bochner, S. (1986). Culture shock: Psychological reactions to unfamiliar environments. London, England: Methuen.

Furnham, A. (2019). Culture Shock: A Review of the Literature for Practitioners. Psychology,10 (13), 1832–1855. https://doi.org/10.4236/psy ch.2019.1013119

Goldstein, S. B., & Keller, S. R. (2015). US college students’ lay theories of culture shock. International Journal of Intercultural Relations, 47, 187-194.

Irfan Rizal & Icha Herawati,(2020). Gegar Budaya Ditinjau dari Dukungan Sosial Pada Mahasiswa Thailand Selatan (Patani). Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 5 (1), 89-100.

Jessie Wilson, Colleen Ward, & Ronald Fischer (2013) Beyond Culture Learning Theory: What Can Personality Tell Us About Cultural Competence. Journal of Cross-Cultural Psychology 44 (6) 900–927.

Mitasari, Istikomayanti (2018). Hubungan Antara Culture Shock Dengan Hasil Belajar Mahasiswa Tahun Pertama. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling,Vol 4, (2) hal 105-113 p-ISSN: 2443-2202 e-ISSN: 2477-2518.

Moleong, Lexy J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhammad Anas Ma’arif & Indri Cahyani. (2019). Pendidikan Multikulturalisme Sebagai Pembentukan Karakter Peserta Didik. Ta’lim Jurnal Studi Pendidikan Islam, 2 (2), 136-152.

Nurul Zuriah (2020). Model Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan Multikultural Berbasis Kearifan Lokal Dalam Fenomena Sosial Pasca Reformasi Di Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) : Edisi Pendidikan dan Pembelajarannya, Vol 1 (1), hal, 67-72.

Rahmawati, T. N. (2020).Peluang Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dalam Mewujudkan Pendidikan yang Berbasis Pelajaran Pendidikan Pancasiladan Kewarganegaraan (PPkn) dalam Konteks Sistem Pendidikan Nasional. Jurnal Moral Kemasyarakatan Vol 1 (1) Hlm.15-36.

Sinarti (2017). Culture Shock Mahasiswa Bugis Sinjai dalam Melakukan Interkasi Sosial (Deskriptif Kualitatif Pada Mahasiswa Sinjai di UIN Alauddin Makassar). Thesis Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Shi, L., & Wang, L. (2014). The Culture Shock and Cross-Cultural Adaptation of Chinese Expatriates in International Business Contexts, 7(1), 23–33. https://doi.org/10.5539/ibr.v7n1p23Sunarto. (2016). Pendidikan Multikultural di Pesanteran. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, Volume 7 (1),84-104.

Tanu Singhal,(2020). A Review of Coronavirus Disease-2019 (COVID-19). The Indian Journal of Pediatrics (April 2020) 87(4):281–286. https://doi.org/10.1007/s12098-020-03263-6.

Tilaar. ( 2004 ). Paradigma Baru Pendidikan nasional. Jakarta : Grasindo

Puji Gusri Handayani & Verlanda Yuca (2018). Fenomena Culture Shock Pada Mahasiswa Perantauan Tingkat 1 Universitas Negeri Padang. Journal Konseling dan Pendidikan, 6 (3),198-204.

Utami, P. S., & Cahyono, H. (2018). Implementasi Pendidikan Berbasis Multikultural melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Mahasiswa Prodi PPKn Universitas Muhammadiyah. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), 8-14.

Ward, C. (1996). Acculturation. In D. Landis, & R. Bhagat (Eds.), Handbook of intercultural training (2nd ed. pp. 124-147). Thousand Oaks, CA: Sage.

Ward, C., & Kennedy, A. (1992). Locus of control, mood disturbance and social difficulty during crossculturaltransitions. International Journal of Intercultural Relations, 16, 175-194.

Ward, C., & Kennedy, A. (1993a). Psychological and sociocultural adjustment during cross-cultural transitions:A comparison of secondary students at home and abroad. International Journal of Psychology,28, 129-147.

Ward, C., & Kennedy, A. (1993b). Where’s the “culture” in cross-cultural transition? Comparative studies of sojourner adjustment. Journal of Cross-Cultural Psychology, 24, 221-249.

Ward, C., & Kennedy, A. (1999). The measurement of sociocultural adaptation. International Journal of Intercultural Relations, 23, 659-677

Ward, C., & Searle, W. (1991). The impact of value discrepancies and cultural identity on psychologicaland sociocultural adjustment of sojourners. International Journal of Intercultural Relations, 15,209-225.




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/kalacakra.v2i1.3535

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
Jurnal Kalacakra is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.