Title:


PENTINGNYA SIKAP TOLERANSI DAN EMPATI DALAM MEWUJUDKAN WARGA NEGARA YANG BAIK (GOOD CITIZENSHIP) DI MASA PANDEMI


Author:


Mail Firda Aulia Izzati(1*)

(1) IAIN Pekalongan, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/kalacakra.v2i2.4368| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Indonesia termasuk negara yang memiliki keberagaman budaya, suku bangsa, agama, bahasa, dan ras. Keberagaman tersebut menjadi corak khas bagi, kekayaan dan identitas bangsa,. Realitas sejarah tak luput dari keadaan bangsa Indonesia sekarang, dimana perjuangan, rasa saling memiliki, sama rasa, dan tujuan untuk bersatu demi tercapainya tujuan bersama. Melahirkan masyarakat yang memiliki rasa persatuan dan kesatuan menjunjung tinggi kerukunan meskipun banyak perbedaan, menyatukan harapan demi tujuan bersama. hal-hal tersebut. Sikap menghargai sesama disertai rasa saling menghormati dan tidak menghakimi menjadi kunci atas cerminan toleransi. Sikap dan perilaku yang baik sebagaimana warga negara bisa saling menghargai, menerima perbedaan, dan keadaan sehingga dapat hidup berdampingan secara damai, rukun, dan bekerjasama dalam mengatasi berbagai permasalahan yang terjadi baik di masa pandem. Sikap Toleransi dan empati membawa dampak positif bagi negeri tercinta ini, sebagai upaya mewujudkan warga negara yang baik. Saling menguatkan dan memupuk rasa persatuan dan kesatuan di masa pandemi sehingga dapat melewati keadaan ini dengan baik dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Keywords


Toleransi; Empati; Warga Negara Baik

Full Text:

PDF

References


Cogan, J., & Derricott, R. (Eds.). (1998).Citizenship for the twenty first century: An international perspective on education. London: Kogan Page..

Halim, Abdul. (2008). Menggali Oase Toleransi. Kompas 14 April

Marzuki, Chafid. (2017) Pengertian Toleransi. http://www.academia.edu/15352887/pengertian_toleransi

Rahman, Taufiqur. (2020). Menjaga Empati di Masa Pandemi. https://update.unisayogya.ac.id/covid19/menjaga-empati-di-masa-pandemi/

Soekanto, Soerjono. (1982). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: CV. Rajawali

Susari. (2020). Membangun Empati di Tengah Pandemi Covid-19. https://balitbangdiklat.kemenag.go.id/berita/membangun-empati-di-tengah-pandemi-covid-19

Suyahmo. (2014). Filsafat Pancasila

http://www.penerbitmagnum.com/2016/01/filsafatpancasila.html.




DOI: https://doi.org/10.31002/kalacakra.v2i2.4368

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
Jurnal Kalacakra is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.