Title:


Umat Hindu Diwilayah Jawa Sebagai Kelompok Minoritas dalam Mewujudkan Integrasi Nasional


Author:


Mail Welling Yonado(1*)
Mail Irawan Hadi Wiranata(2)

(1) Universitas Nusantara PGRI Kediri, Indonesia
(2) Universitas Nusantara PGRI Kediri, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/kalacakra.v3i1.4616| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui keadaan di mana umat hindu di wilayah jawa dapat beradaptasi dan bersikap komformitas terhadap agama mayoritas masyarakat Indonesia khususnya di jawa, sehingga dapat mewujudkan integrasi nasioanal yang memiliki rasa toleransi yang tinggi antarumat beragama guna mewujudkan cita-cita luhur bangsa Indonesia. Pentingnya integrasi sosial merupakan hal utama dalam mewujudkan persatuan  dengan upaya pengendalian terhadap konflik dan penyimpangan sosial dalam suatu sistem sosial masyarakt multikultural dengan kelompok minoritas didalamnya. Metode penulisan artikel ini menggunakan kajian kepustakaan atau library research dengan hasil yang bersifat deskriptif. Data yang digunakan dalam artikel ini bersumber dari artikel ilmiah, jurnal, dan media masa online. Kemudian data yang diperoleh dikumpulkan dan diolah menggunakan teknik dokumentasi dan identifikasi fakta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kehidupan umat hindu jawa yang memiliki kelompok kecil atau  minoritas mampu dalam mewujudkan integrasi nasional yang adaptif dengan kelompok mayoritas, Penganut konflik berpendapat bahwa masyarakat terintegtrasi atas paksaan dan karena adanya saling ketergantungan di antara berbagai kelompok. Integrasi nasional akan terbentuk apabila sebagian besar masyarakat memiliki kesepakatan tentang batas-batas teritorial, nilai-nilai, norma-norma, dan pranata-pranata sosial. Dengan demikian terwujudnya integrasi nasional anatara kelompok minoritas dengan kelompok mayoritas dimaknai  sebagai suatu proses penyesuaian di antara unsur-unsur yang saling berbeda dalam kehidupan sosial sehingga dapat menghasilkan pola kehidupan masyarakat yang memilki keserasian fungsi dan membentuk satu kesatuan yang utuh.


Keywords


integrasi nasional, kelompok minoritas, hindu jawa, toleransi

Full Text:

PDF

References


Dewi, I. M. (2012). Konflik dan Disintegrasi Di Indonesia. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora.

Gunawan. K., & Rante. Y. (2011). Manajemen konflik atasi dampak masyarakat multikultural di Indonesia. Jurnal Mitra Ekonomi dan Manajemen Bisnis.

Lampiran Keputusan Pesamuhan Agung Parisada Hindu Dharma Indonesia No.9/Kep/Pesamuhan Agung Parisada Pusat/ X/2002 tentang Penjelasan Visi, Misi, Fungsi, Tugas Pokok dan Peranan Parisada. (2002). http://parisadatanahbumbu.blogspot.com/p/fungsi-dan-tugas-pokok.html

Kusrahmadi. S. D. (2017). Pentingnya Wawasan Nusantara dan Integrasi Nasional. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pendidikan/Sigit%20Dwi%20Kusrahmadi,%20Drs.%20M.Si./WAWASAN%20NUSANTARA%20%20Jurnal%20Penting.docx

Nasih. A. M., & Agung. D. A. G. (2011). Harmoni Relasi Sosial Umat Muslim Dan Hindu Di Malang Raya. Masyarakat, Kebudayaan Dan Politik. Jurnal Masyarakat, Kebudayaan dan Politik, Vol 24(2). http://journal.unair.ac.id/filerPDF/abstrak_406815_tpjua.pdf

PHDI. (2015). Tugas fungsi dan peranan PHDI dalam pembinaan umat beragama. https://repositori.unud.ac.id/protected/storage/upload/repositori/86847493df1c4a01027f39911a95b952.pdf

Rachmawati. (2019). Fakta Upacara Piodalan di Bantul “Dibubarkan” Warga: Umat Hindu Butuh Rumah Ibadah. Kompas.com https://regional.kompas.com/read/2019/11/15/06360041/fakta-upacara-piodalan-dibantul-dibubarkan-warga--umat-hindu-butuh-rumah?page=all.

Rahman. A. R. (2018). Peran Agama dalam Memperkuat Integrasi Nasional, Dalam Prespektif Sejarah. Lensa Budaya: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Budaya.

Sulaeman. S. (2016). Isu Integrasi dan Disintegrasi, Analisis Terhadap Buku Teks Sejarah Indonesia. Prosiding Kolokium Doktor Dan Seminar.




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/kalacakra.v3i1.4616

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
Jurnal Kalacakra is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.