Title:


Implementasi Pembinaan Karakter pada Mahasiswa


Author:


Mail Ida Asmarani(1)
Mail Putri Andriani(2)
Mail Windi Kartika Sari(3*)

(1) Universitas Jenderal Achmad Yani, Yogyakarta, Indonesia
(2) Universitas Jendral Achamad Yani, Yogyakarta, Indonesia
(3) Universitas Jenderal Achmad Yani, Yogyakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/kalacakra.v3i1.5145| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Pendidikan karakter ialah sebuah proses untuk membantu mahasiswa dalam mengembangkan suatu model karakter. Sistem pendidikan tinggi harus selalu dievaluasi untuk mengikuti perkembangan zaman dan perubahan sikap atau perilaku mahasiswa. Dalam rangka meningkatkan daya saing untuk menghadapi era globalisasi disemua bidang, mahasiswa dituntut untuk memiliki persyaratan keterampilan dalam hal kecerdasan intelektual (kognitif) dan kebiasaan (etika). Peran perguruan tinggi, pemerintah serta masyarakat sangat diperlukan dalam upaya membangun karakter mahasiswa dan keberadaan suatu bangsa sangat ditentukan oleh karakter yang dimilikinya. Kebudayaan, lingkungan akademik memakai seluruh aspek-aspeknya, regulasi, sistem pendidikan tinggi dan lingkungan sosial memiliki peran masing-masing dalam pembentukan karakter mahasiswa Indonesia yang lebih baik. Pembinaan karakter berguna untuk memperbaiki perilaku serta karakter mahasiswa. pendidikan karakter yang sudah diberikan juga menjadi sebuah pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah mengimplementasikan pembinaan karakter pada mahasiswa. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah cara pembentukan karakter mahasiswa dan implementasi pembinaan karakter pada mahasiswa.


Keywords


Pendidikan karakter, Implementasi, Pembinaan, Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Dharmawan, N. S. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter Bangsa Pada Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. Makalah Universitas Udayana Denpasar.

Hastangka. (2021). Psikologi Pancasila. Kalacakra, 02(1), 2025.

Hemafitria et al. (2014). Pembinaan Karakter Mahasiswa Melalui Organisasi Kemahsiswaan di STKIP-PGRI Pontianak. Jurnal Edukasi. Vol 12 (2). 205-216

Gunawan, I., Sari, D. N., & Malang, U. N. (2018). Pengaruh Etika Profesional Terhadap Pembentukan. 1(September). 279283.

Koesuma, D. (2011).Pendidikan Karakter Strategi Mendidik di Zaman Global, Grasindo: Jakarta. hal. 29

Nurpratiwi, H. (2021). Membangun Karakter Mahasiswa Indonesia Melalui Pendidikan Moral. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia. 8(1), 2943

Onainor, E. R. (2019). Peran Pendidikan Karakter Terhadap Perkembangan Psikologis Mahasiswa Lapas Pemuda Kelas Iia Tangerang. Jurnal Agama, Pendidikan, dan Sosial Budaya. 1(1), 105112.

Rumapea, ME (2015). Urgensi Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial , 7 (1), 49-59.

Sihombing, L. M. (2020). Pendidikan dan Karakter Mahasiswa di Perguruan Tinggi. 4(1), 104112.

Supriadi et al. 2020. Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pengaruhnya Terhadap Perkembangan Karakter Mahasiswa. Jurnal Pendidkan IPA 6 (1) : 63-68

Susilo, Agus dan Ratna Wulansari. (2019). Kuliah Lapangan Sejarah Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Mahasiswa Stkip Pgri Lubuklinggau. Jurnal Pendidikan Sejarah. 8 (2). 1-17.

Tanshzil, S. W. (2017). MODEL OF CHARACTER EDUCATION CHARACTER BUILDING IN HIGHER EDUCATION MODEL Pembinaan Pendidikan Karakter Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. 21(1), 117.

Wahono, M. (2018). Pendidikan Karakter: Suatu Kebutuhan Bagi Mahasiswa di Era Milenial. Integralistik, 29(2), 145-151.

Winarni, S. (2013). Integrasi pendidikan karakter dalam perkuliahan. Jurnal Pendidikan Karakter, (1).

Yuangga, K. D. (2017). Pendidikan Karakter Pada Mahasiswa. Pekobis: Jurnal Pendidikan, Ekonomi, dan Bisnis, 1(1). Mahasiswa di Era Milenial. Integralistik, 29(2), 145-151.




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/kalacakra.v3i1.5145

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
Jurnal Kalacakra is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.