Title:


Korelasi Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dengan Pemahaman Identitas Nasional dan Sikap Nasionalisme


Author:


Mail Agus Widodo(1*)
Mail Suratman Suratman(2)
Mail Nur Salim(3)

(1) Universitas Nusantara PGRI Kediri, Indonesia
(2) Universitas Nusantara PGRI Kediri, Indonesia
(3) Universitas Nusantara PGRI Kediri, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/kalacakra.v3i1.5310| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Kemampuan berpikir tingkat tinggi merupakan salah satu keterampilan penting di abad 21. Kebijakan pendidikan nasional mendorong setiap jenjang lembaga pendidikan untuk mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Semua mata pelajaran diharuskan untuk menjalankan programini. Pendidikan kewarganegaraan sebagai mata pelajaran wajib di Indonesia dari pendidikan dasar sampai pendidikan tinggi menjadi bagian dari mata pelajaran yang diwajibkan mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Penelitianini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara kemampuan berpikir tingkat tinggi pada mata kuliah pendidikan kewarganegaraan dengan pemahaman identitas nasional dan sikap nasionalisme.  Metode penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Data kemampuan berpikir tingkat tinggi diperoleh dari nilai akhir mata kuliah pendidikan kewarganegaraan. Data pemahaman identitas nasional dan sikapnasionalisme diperoleh dari angket. Subjek penelitian sebanyak 47 dengan subjek mahasiswa yang menempuh mata kuliah pendidikan kewarganegaraan. Hasil penelitian menunjukkan ada korelasi yang sangat kuat antara kemampuan berpikir tingkat tinggi dengan pemahaman identitas nasional. Kedua, tidak ada korelasi antara kemampuan berpikir tingkat tinggi dengan sikap nasionalisme. Ketiga, ada korelasi yang cukup kuat antara pemahaman identitas nasional dengan sikap nasionalisme.


Keywords


Berpikir tingkat tinggi, identitas nasional, nasionalisme

Full Text:

PDF

References


Alfaqi, M.Z. (2016). Melihat Sejarah Nasionalisme Indonesia Untuk Memupuk Sikap Kebangsaan Generasi Muda. Jurnal Civics. 13(2).200-216.

Anderson, Benedict (1999). Komunitas Komunitas Imajiner: Renungan Tentang Asal Usul dan Penyebaran Nasionalisme. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Arif, R., Prakoso, L.Y. & Risman, H. (2021). Understanding national identity to create love and proud of being a part of the indonesian nation. Journal Inovasi Penelitian, 1(11).

Aspinall, Edward. (2015). The New Nationalism in Indonesia. Asia & the Pacific Policy Studies,3(1), 72–82 doi: 10.1002/app5.111.

Asnan, Gusti. (2018). Peningkatan Sikap Nasionalisme melalui Nilai nilai Sejarah. Makalah seminar di Prodi IPS, Konsentrasi Sejarah, Fak. Tarbiyah UIN-Imam Bonjol Padang, 5 November 2018.

Direktorat Jenderal Pembelajaran Dan Kemahasiswaan Departemen Pendidikan Nasional. (2016). Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi. Kemenristek Dikti.

Fakobi, N, (2002).Identity formation and local, national, global patterns. Tehran: Journal of Sociological Association.

Halim, Muhammad & Wafa Ali, M.C., (2020). Study of relationship between understanding about national insights with attitude and nationalism souls in class viii students of state 4 schools negara Indonesia. Internasional journal of education schoolars. 1(1).

Inac, H. & Unal, F. (2013). The Construction of National Identity in Modern Times: Theorical Perspective. Internasional journal of Humanities and Social Sciences. 3(11, 223-232.

Japar, M., Fadhillah, D.N & Syarifa, S. (2019). Civic Education through E-Learning in Higher Education. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, v335. 1st International Conference on Education, Social Sciences and Humanities (ICESSHum 2019).

Leonard,G.R. (2010). Moral identity in adolescence: A literature review. University of Asuza, California.

Liu, Qiang & Turner, David. (2018). Identity and National Identity. Educational And Philosophy Theory, 50(12), 1080-1088.

Ljunggren,Carstenn. (2014). Citizenship Education and Nationalidentity: teaching ambivalence. Policy Futures in Education, 12(1), 34-47. www.wwwords.co.uk./PFIE.

Murdiono, M. & Wuryandari,W. (2021). Civic and nationalismeducation for young Indonesian generation in The globalization era. Jurnal Civis: Kajian Kewarganegaraan, 18(2), 158-171.DOI. 10.21831/jc.v18i1.39452.

Nurdin, E.S. (2017). Civic Education policies: Their Effect on University Student Spirit of Nationalism and Patriotism Citizenship, Social and Economic Education.1-14. DOI: 10.1177/2047173416688039.

Razali, A.A., Joebagio, H., Sudiyanto. (2018). Correlation between: Understanding of Nationalism and Historical Consciousness toward Students’ Democratic Attitude in Banda Aceh Senior High School. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 5(3), .

Shahin, Mahdi. (2016). The Historical Review on the Process of National Identity Formation. Mediterranean Journal of Social Sciences, 7(1), . Doi:10.5901/mjss.2016.v7n1s1p111.

Sulistiyono. (2018). The Importance of Indonesia’s Nationalism Revitalization in the Globalization Era: A Historical Perspective. Journal of Maritime Studies and National Integration 2(1),1-13 DOI:10.14710/jmsni.v2i1.1684

Surjono, H.D., Muhtadi, Ali., Trisiliana,Novi (2019). The Effects of Online Activities on Student Learning Outcomes in Blended Learning Environment. ICEMT 2019, July 22–25, 2019. Association for Computing Machinery. ACM ISBN 978-1-4503-7210-https://doi.org/10.1145/3345120.3345167.




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/kalacakra.v3i1.5310

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
Jurnal Kalacakra is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.