Title:


PENGGUNAAN QUIZIZZ SEBAGAI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI OLEH GURU DI SDN RANDUACIR 03


Author:


Mail Annisa Tiara Widya Saputri(1*)

(1) Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/kalacakra.v4i1.5669| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


WHO (World Health Organization) atau yang biasa dikenal dengan Badan Kesehatan Dunia telah mendeklarasikan virus corona (covid-19) sebagai pandemic pada tanggal 9 Maret 2020. Dalam dunia pendidikan, pengaruh virus corona ini mengharuskan para pendidik mengubah system pendidikan menjadi pembelajaran daring. Dari hasil penelitian deitemui kelebihan dalam penggunaan aplikasi Quizizz sebagai media pembelajaran pada masa pandemi sebagai berikut: meliputi: 1) memudahkan guru dalam menilai, 2) obyektif, 3) menghindari unsur subyektif, 4) bahan materi luas, 5) siswa akan memiliki pertanyaan yang berbeda dengan siswa yang lain. Penggunaannya yang mudah, pemeriksaan penilainnya yang cepat, menarik sehinga bisa dikatakan bahwa aplikasi Quizizz merupakan media pembelajaran berbasis teknologi, sehinga mampu meningkatkan motivasi siswa dalam mengevaluasi belajarnya. Dalam penggunaaan aplikasi ini tentunya ada kelemahan yang menjadi kendala dalam pelaksanaannya, namun dapat ditutupi dengan kelebihan – kelebihan yang ada pula.


Keywords


pembelajaran online, aplikasi Quizizz, media pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Irwan, d. (2019). Efektifitas Penggunaan Kahoot! untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Effectiveness of Using Kahoot! to Improve Student Learning Outcomes). Pedagodia: Jurnal Pendidikan 1.8.

Santrock. (2017). Educational Psychology: Theory and Application to Fitness and Performance. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Surayya. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Hasil Belajar IPA ditinjau dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.

Dewi, C. K. (2018). Pengembangan Alat Evaluasi Menggunakan Aplikasi Kahoot pada Pembelajaran Matematika Kelas X. Skripsi S1. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung (2020) dari: http://repository.radenintan.ac.id/4286/1/SKRIPSICAHYAKURNIA.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/kalacakra.v4i1.5669

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
Jurnal Kalacakra is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.