Title:


Penekanan Penyebaran Hoax di Media Sosial Sebagai Upaya Meningkatkan Persatuan Negara Indonesia


Author:


Mail Khoirunnisa Ilmas huroh(1*)

(1) Airlangga University, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/kalacakra.v3i2.6377| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Merajalelanya berita palsu atau informasi tidak benar di media sosial seolah-olah benar membuat banyak masyarakat kebingungan bahkan sebagian besar percaya. Adanya berita palsu di media sosial yang tersebar luas menimbulkan banyak spekulasi baru ataupun ujaran kebencian terhadap individu atau lembaga-lembaga tertentu. Hal ini dapat memecah persatuan Negara Indonesia. Oleh sebab itu, harus dilakukan penekanan penyebaran hoax di media sosial sebagai upaya meningkatkan persatuan Negara Indonesia. Penelitian ini akan mengeksplorasi dan menjelaskan penekanan penyebaran hoax di media sosial sebagai upaya dalam meningkatkan keutuhan dan persatuan Negara Indonesia. Metode analisis deskriptif diperlukan dalam pembuatan penelitian ini dengan menyebarkan kuisioner untuk mendapatkan informasi dari responden. Sumber data yang digunakan diperoleh dari artikel berita, jurnal ilmiah, dan hasil kajian. Penelitian ini menunjukkan bahwa upaya penekanan penyebaran hoax di media sosial menjadi salah satu cara agar dapat meningkatkan persatuan Negara Indonesia. 


Keywords


Hoax, penyebaran hoax, media sosial, persatuan Negara Indonesia

Full Text:

PDF

References


Arisanty, M., & Wiradharma, G. (2021). The Acceptance and Resharing Behavior of Hoax Information on Social Media. Jurnal Studi Sosial dan Politik, 4(2), 87-99.

http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jssp/article/view/6609

Dewan Pers. (2018). Dewan Pers Beberkan Ciri-Ciri Berita Hoax. https://dewanpers.or.id/berita/detail/1097/Dewan-Pers-Beberkan-Ciri-Ciri-Berita-Hoax

Ferdiawan, Y. I., Nurjanah, P.A. D., Krisdyan, E. P., Hidayatullah, A., Sirait, H. J. M., Rakhmawati, N. A., & Ferdiawan, Y. I. (2019). HOAX Impact to Community Through Social Media Indonesia. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 19(1), 121-124.

https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawala/article/view/4452

Harefa, H. S. A., Sari, S. N., & Hia, N. (2021). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Tingkat Pengetahuan Tentang Hoax Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Ilmu Sosial Universitas Sari Mutiara Indonesia. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (TEKESNOS), 3(2), 123-138.

https://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/tekesnos/article/view/2437

Rahadi, D.R. (2017). Perilaku Pengguna Dan Informasi Hoax Di Media Sosial. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 5(1), 58-70. https://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jmdk/article/view/1342

Saefullah, S.Kom. (2020). Pengaruh Kemajuan Teknologi Komunikasi dan Informasi Terhadap Karakter Anak.

https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/pengaruh-kemajuan-teknologi-komunikasi-dan-informasi-terhadap-karakter-anak

Setiadi, A. (2016). Pemanfaatn Media Sosial Untuk Efektifitas Komunikasi. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 16(2).

https://ejournal.bsi.ac.id/Ejurnal/Index.Php/Cakrawala/Article/View/1283

Alam, A. S., & Ilyas, A. (2010). Pengantar kriminologi. Makassar: Pustaka Refleksi Books.

Dzulhijjah, A. H. S. (2020). Strategi kepolisian dalam penanganan kasus penyebara berita bohong (hoax) di Kabupaten Gowa. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/kalacakra.v3i2.6377

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
Jurnal Kalacakra is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.