Title:


Peran Guru PPKn dalam Sosialisasi Tata Tertib pada Siswa SMPN 03 Teluk Keramat


Author:


Mail Hardiyanti Hardiyanti(1*)
Mail Mashudi Mashudi(2)
Mail Shilmy Purnama(3)

(1) Universitas Tanjungpura, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Indonesia
(2) Universitas Tanjungpura, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Indonesia
(3) Universitas Tanjungpura, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/kalacakra.v3i2.6403| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memahami mengenai peran Guru PPKn dalam mensosialisasikan tata tertib pada siswa SMPN 03 Teluk Keramat, untuk memahami hambatan Guru PPKn dalam mensosialisasikan tata tertib pada siswa, untuk memahami solusi Guru PPKn didalam mensosialisasikan tata tertib pada siswa. jenis penelitian ini yaitu menggunakan deskriptif kualitatif.pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan tekhnik wawancara, observasi dan teknik dokumentasi. Subjek yang diperoleh berdasarkan data yang didapat dari penelitian ini adalah Guru ppkn, Kepala sekolah dan Siswa yang ditentukan menggunakan teknik purposive dan snawbal. Data yang dikumpulkan akan dianalisis kembali menggunakan data yang bersifat induktif/kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dan didapatkan menunjukan bahwa di SMPN 03 Teluk Keramat peran guru yaitu sebagai a. Guru berperan sebagai inisiator, b. Guru berperan sebagai motivator, c. Guru berperan sebagai pembimbing, d. Guru berperan sebagai evaluator. peranan guru ppkn dalam sosialisasi tata tertib selain sebagai pengajar didalam kelas Guru ppkn juga berperan diluar jam pelajaran selesai yang dimana Guru ppkn selalu mengingatkan mengenai sosialisasi tata tertib sekolah, membimbing siswa dan juga mengawasi terhadap tingkah laku yang dilakukan siswa disekolah serta ikut memberikan sanksi ringan, dalam sosialisasi tata tertib Guru PPKn selalu memberikan arahan dan menerapkan  tata tertib yang sudah di tempel di dalam kelas maupun di papan pengumuman. Faktor penghambat peran Guru ppkn dalam sosialisasi tata tertib siswa SMPN 03 Teluk Keramat ialah Faktor Internal dan Faktor Ekternal. Solusi Guru ppkn dalam mensosialisasikan tata tertib pada siswa yaitu dengan cara Pembagian tata tertib sekolah, pengawasan tata tertib sekolah, pemberian sanksi tata tertib sekolah.

Keywords


Peran Guru PPKn, Sosialisasi, Tata Tertib

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S., & Lia, Y. (2012). Manajemen Pendidikan Yogyakarta. Rineka Cipta.

Fauzi. (2013). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaran Dalam Upaya Pembentukan Karakter Peserta Didik. Jurnal PPKn UNJ, 2(1), 1–9.

Fawaid, M. M. (2017). Implementasi tata tertib sekolah dalam meningkatkan karakter kedisiplinan siswa. Jurnal Civic Hukum, 2(1), 9–19.

Hadianti, L. S. (2008). engaruh pelaksanaan tata tertib sekolah terhadap kedisiplinan belajar siswa (penelitian deskriftif analisis di SDN Sukakarya II Kecamatan Semarang Kabupaten Garut. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 2(1), 1–8.

Hendri, Y., Daharnis, & Nurfarhanah. (2014). Pelanggaran Tata Tertib yang dilakukan oleh Siswa Di sekolah dan Implikasinya terhadap Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Konselor, 3(2), 1–6.

Khoiriyah, A. S. (2020). DAN PERAN GURU DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA KELAS II A SDN TAMBAKAJI 04 KOTA SEMARANG. UNIIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

Kusuma, N. A. D., & Mudzakir, M. (2014). Praktek Tata Tertib Sekolah sebagai Sarana Pendidikan Moral PRAKTEK TATA TERTIB SEKOLAH SEBAGAI SARANA PENDIDIKAN MORAL Abstrak. Jurnal Paradigma, 02(01), 1–8.

Laugi, S. (2019). Penerapan Tata Tertib Sekolah untuk Membangun Disiplin Siswa di SMA Negeri 1 Konawe. Jurnal Shautut Tarbiyah, 25(2), 239–258.

Niken, Bahari, Y., & Budjang, G. (2020). Peran sekolah dalam sosialisasi tata tertib pada siswa sekolah menengah atas. Jurnal Sosiologi, 1(1), 1–17.

Nuriyah, E. S. (2015). Tata tertib sekolah sebagai sarana pendidikan karakter di SDN Pekuwon III Sumberejo tahun pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Edutama, 2(1), 50–62.

Octavia, E. (2017). Analisis pelaksanaan tata tertib sekolah sebagai sarana pembinaan moral di SMA Taman Mulya Kecamatan Sungai Raya. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 1(1), 14–24.

Puspitaningrum, D., & Suyanto, T. (2014). IMPLEMENTASI TATA TERTIB SEKOLAH




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/kalacakra.v3i2.6403

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
Jurnal Kalacakra is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.