Title:


IMPLEMENTASI SEMANGAT KEBINEKAAN DI MASA PANDEMI COVID-19


Author:


Mail Sukron Mazid, M.Pd(1*)
Mail Ahmad Busrotun Nufus(2)
Mail Novitasari Novitasari(3)
Mail Delfiyan Widiyanto(4)
Mail Yasnanto Yasnanto(5)

(1) Universitas Tidar, Indonesia
(2) Universitas Tidar, Indonesia
(3) Universitas Tidar, Indonesia
(4) Universitas Tidar, Indonesia
(5) Universitas Tidar, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/kalacakra.v4i1.7302| Abstract views : 0 | PDF views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Kebinekaan merupakan sebuah perbedaan yang menyatukan, karena bangsa Indonesia terdiri dari multi agama, suku, budaya dan golongan. Bangsa Indonesia patut bersyukur karena keragaman yang universal memberikan warna dan keadaban. Masyarakat merupakan suatu golongan terkecil yang menjadi cerminan sebuah identitas nasional. Oleh karena itu, Kebinekaan menjadi sebuah pengikat perbedaan bagi bangsa. Maka, sebuah kebinekaan harus terus dijaga dan dirawat karena merupakan jati diri bangsa. Dirasa perlu bagi warga bangsa untuk selalu aktif, kritis, analitis dan demokratis dalam berbangsa dan bernegara. Terutama bagaimana penerapan semangat kebinekaan di masa pandemic saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep, urgensi dan implementasi semangat kebinekaan di masa pandemic Covid 19. Jenis Penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan kepustakaan, sumber data terdiri atas sumber literatur dengan memilih referensi buku serta jurnal yang mempunyai hubungan kebinekaan di masa pandemi. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi semangat kebinekaan di masa pandemic Covid 19 adalah wujud tindakan dengan saling menghormati, menjaga, menolong, dan menghargai sesama.

 


Keywords


implementasi, kebinekaan, pandemi

Full Text:

PDF PDF

References


Agung, D. A. G. (2018). Kebhinekaan: Sebuah Retorika? Sejarah dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya, 12 (1), 19-29.

Ali, As’ad Said. (2010). Negara Pancasila: Jalan Kemaslahatan Berbangsa. Jakarta: LP3ES.

Aziz, M. (2018). Merawat Kebinekaan. Elex Media Komputindo.

Badudu, Z. 1996. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Bagir, Zaenal Abidin, dkk. (2014). Mengelola Keragaman dan Kebebasan Beragama. Yogyakarta: CRCS UGM.

Bambang, E. P. (2018). Manusia Sebagai Subjek Dalam Pendidikan Kebhinekaan. Jurnal Edukasi, 5 (1), 32-34.

Bell, S., Douce, C., Caeiro, S., Teixeira, A., Martín-Aranda, R., & Otto, D. (2017). Sustainability and distance learning: a diverse European experience? Open Learning, 32(2), 95–102. https://doi.org/10.1080/0268051.2017.1319638

Charda, Ujang. (2018). Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Pendidikan Tinggi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Depdiknas RI Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang RI nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta: Depdiknas RI.

Farikhatin, Anis., dkk. (2016). Mengelola Keragaman di Sekolah. Yogyakarta: CRCS UGM

Futaqi, Sauqi. (2019). Kapital Multikultural Pesantren. Yogyakarta: Deepubish

Hakim, S., Mulyani, M., Mazid, S., & Fitriana, R. (2020). AKTUALISASI KEBINEKAAN ERA NEW NORMAL DI LINGKUNGAN PENDIDIKAN TINGGI. JURNAL KALACAKRA: Ilmu Sosial dan Pendidikan, 1(1), 32-40.

Hartoyo, A. (2010). Menggugah Kesadaran nasional Mempengaruhi Kebhinekaan Indonesia. Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora, 1(2).

https://www.cnbcindonesia.com/news/20210316163812-16-230582/update-corona-hari-ini-kasus-covid-19-di-ri-tembus-143-juta diakses pada tanggal 19 Maret 2021 Pukul 13.38 WIB.

Ilmi, D. (2015). Pendidikan karakter berbasis nilai-nilai kearifan lokal melalui ungkapan bijak Minangkabau. ISLAM REALITAS: Journal of Islamic & Social Studies, 1(1).

Kymlica, Willy. (2015). Kewargaan Multikultural. Jakarta: LP3ES.

Mahfud, Choirul. (2014). Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mazid, S., & Prabowo, W. (2020). Strategi Dakwah Jamaah Kopdariyah dalam Merawat Kebhinekaan. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKN dan Sosial Budaya, 4(1), 327-336.

Mazid, S., & Suharno, S. (2019). Implementasi nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran PKn. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6(1), 72-85.

Mudyahardjo, Redja. (2014). Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Nurizka, R., & Rahim, A. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 7(1), 38-49.

Purwanto, B. (2012). “Merajut Kebhinekaan dan Kearifan Budaya bagi Kemajuan dan Kesejahteraan Indonesia”. Pidato Ilmiah Dalam Rangka Peringatan Dies Natalis ke-63.

Qodir, Z. (2008). Kebhinekaan, Kewargaan, dan Multikulturalisme. UNISIA, 31(68).

Moleong, Lexy J. (2011). Metodologi penelitian kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2011). E-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same? Internet and Higher Education

Mutakhin, Imam. 2016. Mengelola Keragaman di Sekolah. CRCS UGM: Yogyakarta

Rahayu, M. S. (2020). Strategi Membangun Karakter Generasi Muda yang Beretika Pancasila dalam Kebhinekaan dalam Perspektif Keutuhan Negara Kesatuan Repiblik Indonesia. Jurnal Pendidikan, 28(3), 289-304.

Parekh, Bhikhu. 2008. Rethinking Multiculturalism. Kanisius: Yogyakarta.

Rahayu, Kressna. (2015). Harmoni dalam Kebinekaan: Kumpulan Essai Pelajar untuk Indonesia. Jakarta: BNPT.

Rini, Y. S., & Tari, J. P. S. (2013). Pendidikan: Hakekat, Tujuan, dan Proses. Jogyakarta: Pendidikan Dan Seni Universitas Negeri Jogyakarta.

Ronowidjojo, C. D. 2010. Harmoni Indonesia Raya di Tengah Jelaga Dekadensi. In J. Oentoro, Indonesia Satu, Indonesia Beda, Indonesia Bisa. Jakarta: Gramedia.

Susilowati, E., & Masruroh, N. N. (2018). Merawat kebhinekaan menjaga keindonesiaan: Belajar keberagaman dan kebersatuan dari masyarakat pulau. Jurnal Sejarah Citra Lekha, 3(1), 13-19.

Susilowati, Endang & Masruroh, Noor Laelil. 2018. “Merawat Kebhinekaan Menjaga Indonesia: Belajar dari Nilai Keberagaman dan kebersatuan Masyarakat Pulau”. Departemen Sejarah FIB Fakultas Diponegoro.

Ubaedillah, A. & Rozak, A. 2014. Pendidikan Kewarganegaraan: Pancasila, Demokrasi, HAM, dan Masyarakat Madani. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group

Undang-Undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wahid, A., Sunardi, D. A. K., & Kurniawati, D. A. (2019). Membumikan konstitusi Indonesia Sebagai Upaya Menjaga Hak kebhinekaan. Yurispruden Fakultas Hukum Universitas Islam Malang, 2.

Zamroni. (2016). Kultur Sekolah. Yogyakarta: Gavin Kalam Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/kalacakra.v4i1.7302

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
Jurnal Kalacakra is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.