Title:
PRAKTIK KEHIDUPAN TOLERANSI BERAGAMA PADA MASYARAKAT MULTIKULTURAL DI KELURAHAN PADANG BULAN KECAMATAN MEDAN SELAYANG II
Author:
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk melihat bagaimana Praktik Kehidupan Toleransi Beragama Pada Masyarakat Multikultural Di Kelurahan Padang Bulan Kecamatan Medan Selayang II, dengan melihat langsung ke lapangan dengan memberikan beberapa pertanyaan untuk dijawab oleh perwakilan masyarakat di Kelurahan Padang Bulan Kecamatan Medan Selayang II. Dalam tulisan ini akan ditampilkan bagaimana paraktik kehidupan toleransi pada masyarakat dilihat dari jawaban yang telah disampaikan oleh perwakilan masyarakat tersebut. Penelitian Ini menggunakan Metode penelitian deskriptif kualitatif dengan proporsi penelitian menggunakan studi kepustakaan. masyarakat di Kelurahan Padang Bulan, Kecamatan Medan Selayang II, juga terlibat dalam berbagai kegiatan sosial dan budaya yang melibatkan kelompok agama yang berbeda. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat di wilayah ini mampu hidup bersama dalam keberagaman dengan saling menghormati dan memahami perbedaan. Namun, meskipun sikap toleransi beragama di Kelurahan Padang Bulan Kecamatan Medan Selayang II, sudah cukup tinggi, masih terdapat beberapa kasus intoleransi yang terjadi. Maka dari itu perlu adanya upaya yang terus menerus untuk memperkuat toleransi beragama dan mempromosikan sikap saling menghormati dan memahami antar kelompok agama di wilayah ini. Upaya tersebut dapat dilakukan melalui pendidikan, dialog antar kelompok agama, serta partisipasi aktif dari pemerintah dan lembaga keagamaan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalia, A. F. (2022). Toleransi Beragama Dalam Praktek Sosial Masyarakat Mayoritas Dan Minoritas Agama Desa Sukoreno Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember. 3(30), 1–9.
Ahmad Burhan. Sadiyin. (2022). PENGARUH RUSIA - UKRAINAN TERHADAP STABILITAS HUBUNGAN POLITIK INDONESIA DAN RUSIA. International Relations (JoS), 2(1), 14–21.
Marinda Sari, S., Munthe, N. A. B., & SK. (2022). Metodologi penelitian pendidikan (M. P. Ariyanto (ed.)). PT. GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI.
Sofinadya, D., & Warsono. (2022). Praktik Toleransi Kehidupan Beragama Pada Masyarakat Etnis Tionghoa Di Kota Surabaya. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 11(1), 16–31. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/48403
Syamsudin, A. (2015). Pengembangan Instrumen Evaluasi Non Tes (Informal) untuk Menjaring Data Kualitatif Perkembangan Anak Usia Dini. In Jurnal Pendidikan Anak (Vol. 3, Issue 1). https://doi.org/10.21831/jpa.v3i1.2882
Wasitohadi, “Gagasan dan Desain Pendidikan Multikultural di Indonesia” dalam Scholaria. Vol.2,No.1,Januari 2012,hlm.116-149.
DOI: http://dx.doi.org/10.31002/kalacakra.v4i2.7550
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Cited By
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Kalacakra is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.