Title:


PENGEMBANGAN MOODLE E-LEARNING (ELITA) BERBASIS MULTIMEDIA PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI UNIVERSITAS TIDAR


Author:


Mail Delfiyan Widiyanto, M.Pd(1*)
Mail Annisa istiqomah(2)

(1) Universitas TIdar, Indonesia
(2) Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/kalacakra.v4i2.7827| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan model e-learning berbasis multimedia pada mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan di Universitas Tidar yang terstruktur dan sistematis Pendidikan Kewarganegaraan mata kuliah yang wajib ditempuh bagi mahasiswa program sarjana dan diploma. Penyeleanggaraan Pendidikan Kewarganegaraan berdasarkan pada peraturan peraturan Undang-Undang. Pada pasal 2  UU No 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Rektor Universitas Tidar No. 15/UN57/HK.01/2019 Tentang Pedoman Akademik Universitas Tidar. Kelemahan pelaksanaan pembelajaran mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan, yaitu 1) penggunaan fitur e-learning (EITA) terbatas dan kurang bervariasi (2) aktivitas e-learning rendah, (3) pembuatan e-learning belum sistematis dan terstruktur. Penelitian ini berupaya mengembangakan moodle e-learning berbasis multimedia pada mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Adanya pengembangan moodle e-learning berbasis multimedia dapat meningkatkan aktivitas di e-learning, sarana perkuliahan yang mudah digunakan dan dapat mendukung pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan secara efektif. Hasil penelitian dengan adanya model pengembangan moodle ELITA Pendidikan Kewarganegaraan memerpundah mahasiswa untuk memahami materi dan Dosen memiliki pedoman penyusuan ELITA mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan.


Keywords


Pembelajaran, e-learning, Pendidikan Kewarganegaraan

Full Text:

PDF

References


AECT. (1986). Definisi teknologi pendidikan: satuan tugas definisi dan termonologi AECT (terjemahan Yusufhadi Miarso). Jakarta: Rajawali.

Borg, W.R. & Gall, M.D. 1983. Educational Research: An Introduction (4th ed). New York & London: Longman Inc.

Bourke, R. & Mentis, M. (2014). An Assessment framework for inclusive education: integrating assessment approaches. Assessment in Education: principles, policy & practice. 21 (4). 384-397. http://dx.doi.org/10.1080/0969594X.2014.888332

E. Mulyasa. (2003). Kurikulum berbasis kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hanum, Numiek Sulistyo. (2013). Keefektifan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-Learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi. Vol. 3 No. 1

Hidayat, A. (2015). Pengelolaan dan pemanfaatan sumber belajar di sekolah tinggi periwisata AMPTA Yogyakarta, Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. Volumen 2. No. 1 April

Majid, A. (2014). Penilaian autentik proses dan hasil belajar. Bandung: Rosdakarya.

Miles, M.B. & Huberman, A.M. 1992. An Expanded Sourcebook Qualitative Data Analysis (2nd ed.). Thousand Oks, California: Sage Publications Inc.

Oemar Hamalik. (1995). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Peraturan Rektor Universitas Tidar No. 15/UN57/HK.01/2019 Tentang Pedoman Akademik Universitas Tidar

Rahmat, Pupu Saeful. (2019). Strategi Belajar Mengajar. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

Robert Manson, & Rennie, F. (209). E-learning Panduan Lengkap Memahami Dunia Digital dan Internet. Terjemahan dari E-Learning Taylor Francis: London-New York. Pustaka Baca: Yogyakarta.

Sanjaya, Wina. (2010). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Pradana Media Group.

Silahuddin. (2015). Penerapan E-Learning dalam Inovasi Penddiikan. Jurnal Ilmiah CIRCUIT. Vol. 1 (1) Juli. DOI: http://dx.doi.org/10.22373/crc.v1i1.310

Sitepu, B.P (2014). Pengembangan sumber belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Subali, B. (2016). Prinsip asesmen dan evaluasi pembelajaran. Yogyakarta: UNY Press.

Sudjana, N. (2014). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: Rosdakarya.

Sukarno. (2020). Dinamika Perkembangan E-Learning dan Tantangan dalam Media Pembelajaran. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika. Vol. 4 (2)

UU No 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wahyudi. (2017). Pengembangan Pendidikan Strategi Inovatif dan Kreatif Dalam Mengelola Pendidikan Secara Komprehensif. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Widoyoko, S. E . (2016). Evaluasi program pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/kalacakra.v4i2.7827

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
Jurnal Kalacakra is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.