Profil Kualifikasi dan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran di SD Negeri 208 Luginasari Kota Bandung

Eva Zulisa, Faisal Alam, Ahadin Ahadin, Rahmat Iqbal, Annisa Nabilah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis profil kualifikasi dan kompetensi guru di SD Negeri 208 Luginasari Kota Bandung. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif dengan analisis data sekunder, yang diperoleh melalui observasi dan penelitian dokumen sekolah. Data yang dikumpulkan meliputi kualifikasi akademik, kompetensi, dan status kepegawaian guru, yang kemudian dianalisis dengan prosedur analisis data kualitatif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar guru memiliki kualifikasi akademik yang sesuai, dengan mayoritas telah menyelesaikan pendidikan S1. Kompetensi guru terbagi antara guru kelas dan guru mata pelajaran, dengan pengalaman kerja lebih dari lima tahun memberikan kontribusi positif terhadap kemampuan mereka dalam menghadapi tantangan pembelajaran. Selain itu, distribusi status kepegawaian menunjukkan variasi antara guru PPPK, PNS, dan Guru Honor Sekolah, yang memengaruhi stabilitas dan motivasi kerja. Penelitian ini menyarankan agar diadakan pelatihan rutin, peningkatan kesejahteraan, dan fasilitas pendukung untuk memperbaiki kualitas pembelajaran. Dengan langkah-langkah tersebut, diharapkan kualitas pendidikan di SD Negeri 208 Luginasari dapat terus berkembang sesuai dengan tuntutan Kurikulum Merdeka.


This study aims to analyze the qualifications and competency profiles of teachers at SD Negeri 208 Luginasari in Bandung City. The approach used is descriptive, with secondary data analysis obtained through observation and school document research. The collected data includes academic qualifications, competencies, and employment status of teachers, which are then analyzed using the qualitative data analysis model of Miles and Huberman. The results show that most teachers have appropriate academic qualifications, with the majority having completed a bachelor's degree (S1). Teacher competencies are divided between classroom teachers and subject-specific teachers, with work experience of more than five years contributing positively to their ability to address learning challenges. Additionally, the distribution of employment status shows variation among PPPK (contract-based government employees), PNS (civil servants), and honorary school teachers, which influences job stability and motivation.  This study suggests the need for regular training, improved welfare, and supporting facilities to enhance the quality of teaching and learning. With these measures, it is expected that the quality of education at SD Negeri 208 Luginasari will continue to progress in line with the demands of the "Merdeka Curriculum."


Keywords


Profil Kualifikasi, Kompetensi Guru, dan Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Alam, F. (2024). Analisis Kinerja Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Di Kelas I Dan Iv : Studi Fenomenologi Di Sdn 053 Cisitu, Sdn 208 Luginasari, Dan Sdn 139 Sukarasa Kota Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia.

Bahri, S., Sakdiyah, H., & Tanjung, H. B. (2024). Relasi Guru Dengan Murid Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 17(2). Https://Doi.Org/10.32832/Tawazun.V17i2.16731

Fadli, I., Fitrawahyudi, F., & Aryanti, A. (2023). Kualifikasi, Kompetensi, Dan Sertifikasi Guru Madrasah Di Kabupaten Maros. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 6(2), 118–127. Https://Doi.Org/10.30605/Jsgp.6.2.2023.2721

Hadiati, E., Mardliyah, R., & Widi, A. B. P. (2025). Peran Standar Kualifikasi Dan Kompetensi Guru Dalam Mewujudkan Pendidikan Berkualitas. Edukreatif: Jurnal Kreativitas Dalam Pendidikan, 6(1).

Moleong, L. J. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurhadi, D., & Wu, M. C. (2020). A Reflective Perspective Of In-Depth Qualitative Inquiry On Teachers’ Preparation Policies And Execution For Vocational High School In Indonesia.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif, Kualitatif, Dan Ptk. Bandung:Alfabeta.

Sulfemi, W. B. (2019). Kompetensi Profesionalisme Guru Indonesia Dalam Menghadapi Mea. Https://Doi.Org/10.31227/Osf.Io/Czxus

Umar, S. (2016). Profil Kompetensi Guru Sd Pasca Sertifikasi. Jurnal Pembelajaran Prospektif, 1(1), 41–50.

Yuswono, L. C., Martubi, & Sukaswanto. (2014). Profil Kompetensi Guru Sekolah Menengah Kejuruan Teknik Otomotif Dikabupaten Sleman. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 2(2). Https://Doi.Org/10.21831/Jptk.V22i2.8925




DOI: https://doi.org/10.31002/kalacakra.v6i1.9328

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
Jurnal Kalacakra is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.