THE TEACHING OF SPEAKING : IMPLEMENTATION OF STUDENT-CENTERED ACTIVITIES

Sri Sarwanti

Abstract


Berbicara adalah keterampilan aktif yang dikuasai dalam mempelajari bahasa setelah keterampilan mendengarkan. Keterampilan mendengarkan dan berbicara tidak dapat dipisahkan karena proses tersebut meliputi kemampuan mendengarkan dan berbicara. Mengajar keterampilan berbicara tidaklah mudah. Guru dilengkapi dengan media dan aktifitas untuk menjalankan proses belajar mengajar menjadi lebih hidup dan menarik. Ada banyak aktifitas yang mungkin diterapkan yang fokus kegiatan pembelajaran pada peserta didik. Salah satunya adalah model pembelajaran kooperatif dan kolaboratif.Situasi dan kondisi siswa dan kelas juga sangat memberikan pengaruh yang cukup besar.

Keywords: speaking, cooperative learning, collaborative learning, student-centered activities.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31002/transformatika.v11i1.108

DOI (PDF): https://doi.org/10.31002/transformatika.v11i1.108.g75

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 TRANSFORMATIKA