Title:


USING SCAFFOLDING TECHNIQUE TO IMPROVE THE SPEAKING SKILL OF THE SECOND SEMESTER STUDENTS OF ENGLISH DEPARTMENT


Author:


Mail C. Prima Ferri Karma(1*)

(1) , Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/transformatika.v11i1.109| Abstract views : 397 | PDF views : 0

Abstract


Ada anggapan bahwa pengetahuan kebahasaan seseorang diukur dari kemampuan berbicara. Berbicara adalah sarana yang mendasar dalam komunikasi manusia, demikian juga mahasiswa Bahasa Inggris, mereka juga dituntut untuk bisa berbicara dalam Bahasa Inggris dengan baik. Parameter seorang pembelajar  Bahasa Inggris adalah kemampuannya berbicara secara lancar. Namun kenyataan menunjukkan bahwa banyak pembelajar yang tidak bisa berbicara dengan tepat dan lancar walaupun sudah belajar selama 6 tahun.

Capaian ketrampilan berbicara pembelajar dipengaruhi beberapa faktor, yaitu faktor eksternal dan internal. Motivasi adalah satu dari faktor internal yang berperan penting dalam kesuksesan belajar. Faktor yang berikutnya adalah teknik yang digunakan oleh guru.

Scaffolding adalah suatu jembatan yang menghubungkan pengetahuan yang dimiliki dengan hal yang belum diketahui. Jika dilaksanakan dengan baik, scaffolding akan menjadi daya yang memicu pembelajar untuk menguasai sesuatu. Dalam proses ini pembimbing memfasilitasi pembelajar untuk menguasai konsep yang tidak dapat dikuasai pembelajar. Pembimbing tidak hanya memberikan bantuan tetapi juga harus sebisa mungkin memberikan kebebasan bagi pembelajar untuk menyelesaikan tugas-tugas secara mandiri. Ketika pembelajar sudah  bisa bertanggung jawab atau menyelesaikan suatu tugas secara mandiri, maka pembimbing secara bertahap menjauh dan memberikan kebebasan untuk belajar secara mandiri.

 

Keyword : Scaffolding  Technique, Speaking Skill


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31002/transformatika.v11i1.109


DOI (PDF): https://doi.org/10.31002/transformatika.v11i1.109.g76

Article Metrics

Abstract view : 397 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.