Title:


THE TEACHING WRITING APPROACHES: GENRE: SOLUTION TOWARD “UN†READING TEST PHENOMENON


Author:


Mail Moch. Malik Al Firdaus(1*)

(1) , Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/transformatika.v11i1.113| Abstract views : 224 | PDF views : 0

Abstract


Kemampuan menulis Bahasa Inggris adalah salah satu kemampuan berbahasa yang dianggap paling kompleks karena melibatkan berbagai kemampuan kognitif dan linguistik. Secara konvensional, pembelajaran menulis dilakukan dengan pendekatan genre dimana siswa mengembangkan karangan secara bertahap mulai dari penggalian ide hingga merevisi karangan. Proses itu sendiri tidak terlalu jelas tahapannya, namun secara umum meliputi kegiatan penggalian ide, penyusunan draf, dan perbaikan/revisi. Pengamatan perhadap pembelajaran menulis tersebut menunjukkan bahwa tidak ada pemantauan yang pasti terhadap proses menulis, dalam arti, proses yang dilakukan dengan susah payah tersebut hanya diakui melalui penilaian terhadap produknya, yaitu draf terakhir atau hasil karangan. Dalam mata pelajaran Bahasa Inggris, menulis paragrap merupakan keterampilan yang paling mudah diukur dengan menggunakan test obyektif sehingga paling banyak digunakan dalam Ujian, seperti Ujian Nasional, Ujian Tengah Semester, Ujian Akhir Semester, Ujian Kenaikan Kelas, dan bahkan Ulangan Harian. Ini membuktikan bahwa kemampuan menulis harus dipandang sebagai keterampilan yang sangat penting sehingga peserta didik perlu mendapat pembelajaran yang baik supaya mereka mahir dalam memahami wacana berbahasa Inggris.

Kata Kunci: Teaching Writing, Genre Approaches, “UN†Reading Test

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31002/transformatika.v11i1.113


DOI (PDF): https://doi.org/10.31002/transformatika.v11i1.113.g80

Article Metrics

Abstract view : 224 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.