Title:


An Error Analysis of Experiential Meaning in Students’ Writing of Recount


Author:


Mail Candradewi Wahyu Anggraeni(1*)

(1) , 
(*) Corresponding Author
10.31002/transformatika.v12i1.202| Abstract views : 565 | PDF views : 0

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan dan mendeskripsikan analisa kesalahan dalam experiential meaning pada teks tulisan recount  mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis kesalahan dan analisis experiential meaning dalam ranah systemic functional linguistics. Data penelitian diambil dari 20 teks tulisan recount mahasiswa di kelas Writing 4 di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di Unissula. Unit analisa dalam penelitian ini adalah klausa. Hasil penelitian menunjukan bahwa omission, addition, misinformation, dan  misordering ditemukan dalam analisa kesalahan dalam teks tulisan recount  mahasiswa. Tingkat kesalahan tertinggi adalah misinformation yang mencapai 64,9 % atau 417 kesalahan tata bahasa. Elemen process dari experiential meaning  merupakan elemen yang memiliki tingkat kesalahan tertinggi pada aspek kesalahan misinformation yang mencapai 40,5 % atau 260 kesalahan tata bahasa. Simpulan dari penelitian ini adalah kesalahan tata bahasa yang dominan ditemukan adalah misinformation dalam elemen processes dari experiential meaning. Berdasarkan hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa mahasiswa di program studi Pendidikan Bahasa Inggris masih memiliki masalah dalam menulis recount, oleh karena itu mahasiswa harus menguasai tata kebahasaan dalam menulis recount.

 

Keywords: error analysis, experiential meaning, writing, recount


Full Text:

Pdf


DOI: http://dx.doi.org/10.31002/transformatika.v12i1.202


DOI (Pdf): http://dx.doi.org/10.31002/transformatika.v12i1.202.g154

Article Metrics

Abstract view : 565 times
Pdf - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.