Title:


GENRE-BASED APPROACH TO PROMOTE LEARNERS’ CRITICAL THINKING SKILLS


Author:


Mail Widya Ratna Kusumaningrum(1*)

(1) , 
(*) Corresponding Author
10.31002/transformatika.v11i2.216| Abstract views : 500 | PDF views : 0

Abstract


Untuk membuat siswa mempunyai pemikiran kritis dibutuhkan sebuah strategi yang dapat membuat siswa mampu mensintesis pengetahuan dan keterampilan di dalam konteks pengajaran bahasa Inggris. Artikel ini mendiskusikan implementasi pendekatan berbasis genre sebagai sebuah alternatif model pengajaran bahasa Inggris di level sekolah menengah atas. Beberapa isu yang menjadi pokok permasalahan di sini adalah konsep mengenai pemikiran kritis, pendekatan berbasis genre, dan implementasi pendekatan berbasis genre yang mempromosikan pemikiran kritis siswa di dalam kelas bahasa Inggris. Dengan menekankan pada paragraf argumentasi seperti eksposisi dan diskusi, guru sebaiknya mendorong pemikiran kritis siswa baik dalam bahasa tulis maupun lisan. Artikel ini juga memuat sebuah model pengajaran yang mengimplementasi pendekatan berbasis genre yang mengaktifkan pemikiran kritis di dalam kelas bahasa Inggris.

 Keywords: Genre Based Approach, Critical Thinking, argumentative texts, English Language Teaching


Full Text:

Pdf


DOI: http://dx.doi.org/10.31002/transformatika.v11i2.216


DOI (Pdf): http://dx.doi.org/10.31002/transformatika.v11i2.216.g168

Article Metrics

Abstract view : 500 times
Pdf - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.