Produksi Satuan Sintaksis Anak Autis SLB C Yayasan Autisma Semarang
Abstract
Rendahnya produksi satuan sintaksis menyebakkan anak-anak autis kesulitan merangkai kata menjadi kalimat yang mudah dipahami untuk berkomunikasi dengan orang-orang di lingkungannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk produksi sintaksis frasa, klausa dan kalimat; kompetensi produksi satuan sintaksis: dan pengaruh psikolinguistik terhadap kompetensi sintaksis pada anak autis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan produksi satuan sintaksis pada anak autis berbeda-beda. Perbedaan tersebut berdasarkan tingkat autis yang dialami. Pada anak autis tingkat ringan memiliki kompetensi produksi satuan sintaksis yang sangat baik, yaitu produksi frasa sebesar 80,7%, produksi klausa sebesar 41,6% dan produksi kalimat yang sangat baik. Pada anak autis tingkat sedang memiliki kompetensi produksi satuan sintaksis yang sedang, yaitu produksi frasa sebesar 11, 5%, produksi klausa 0% dan produksi kalimat hanya kalimat holofrastik. Terakhir pada anak autis tingkat berat memiliki kompetensi produksi satuan sintaksis yang sangat rendah, yaitu produksi frasa sebesar 3,8%, produksi klausa 0% dan hanya memproduksi kalimat holofrastik dan cenderung meniru apa yang diucapkan lawan bicaranya (echolalia). Hasil penelitian ini mampu memperkaya ilmu pengetahuan dalam bidang sintaksis dan psikolinguistik serta pengembangan pembelajaran untuk pengajar anak-anak berkebutuhan khusus dan SLB C Yayasan Autisma Semarang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Birawa, A.B.P., & Amalia, L. (2017). Perkembangan Kemampuan Berbahasa pada Anak. Universitas Pendidikan Indonesia: perpustakaan.upi.edu
Chaer, A. (2015). Psikolinguistik: Kajian Teoretik. Jakarta: Rineka Cipta
Dardjowidjodjo, S. (2003). Psikolonguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia
Depdiknas. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Devianty, R. (2016). Pemerolehan Bahasa dan Gangguan Bahasa Pada Anak Autis Batita. Jurnal Raudhah. Vol. IV, No. 1. Januari – Juni 2016, ISSN: 2338 – 2163.
Endarwati, O. (2015). Cacat Sintaksis Keluaran Wicara Pada Anak Penyandang Autis Di SD Lab PGSD Setia Budi dan SDIT Al-Mubarak Rawasari (Suatu Kajian Neurolinguistik). Jurnal Arkhais. Vol. 6, No. 1 Januari-Juni 2015
Ezmar & Ramli. (2014). Bahasa Anak Autis SLB Cinta Mandiri Lhoksumawe. Jurnal Arkhais . Volume II, No.2. 2 Juli-Desember 2014
Febriani, R.D., Ngusmas, & Nursaid. (2013). Kalimat Penderita Afasia (Studi Kasus Pada Anggela Efellin). Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol.1, No.2. 2 Maret 2013. Seri E 318-398
Fimawati, Dhanawaty, & Sukarini. (2017). Kemampuan Berbahasa Anak Autis Tipe PDDNOS Di SLB Muhammadiyah Sidayu Gresik: Kajian Psikolinguistik. Jurnal Linguistika. Vol. 24, No. 47. September 2017
Kurniawan, F.B., Achmad, H.P., & Asisda, W.A.P. (2016). Cacat Pelafalan Konsonan Pada Penderita Taksoplasma Kajian Neurolinguistik. Jurnal Arkhais. Vol. 7, No.1. 1 Januari-Juni 2016
Moleong, L.J. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Mujiyanti, D.M. (2011). Tingkat Pengetahuan Ibu dan Pola Konsumsi Pada Anak Autis Di Kota Bogor. Skripsi :Institut Pertanian Bogor.
Oxman, J., & Konstantareas, M.M. (1981). On The Nature and Variability of Linguistic Impairment in Autism. Clinical Psychology Review. Vol. 1. Halaman 337-352
Ramlan, M. (1987). Ilmu Bahasa Indonesia: Sintaksis. Yogyakarta: C.V. Karyono
Parisse, C. (1999). Cognition And Language Acquisition In Normal And Autistic Children. Journal of Neurolinguistics. Vol. 12. Halaman 247-269
Priherdityo, H. (2016). Indonesia Masih 'Gelap' Tentang Autisme. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20160407160237-255-122409/indonesia-masih-gelap-tentang-autisme. (Diakses pada 16 Desember 2019)
Sastra, G. (2011). Neurolinguistik: Suatu Pengantar. Bandung: Alfabeta
Subyantoro. (2012). Psikolinguistik: Kajian Teoretis dan Implementasinya. Semarang: UNNES PRESS
Sudaryanto, (2015). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistik. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press
Sunu, C. (2012). Panduan Memecahkan Masalah Autisme Unlocking Autism. Yogyakarta: Penerbit Lintangterbit
Suroso, E. (2016). Psikolinguistik. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Tarigan, H.G. (1993). Pengajaran Sintaksis. Bandung: Penerbit ANGKASA
Wagner, C.R., & Nettelbladt, U. (2005). “Case Study of A Boy with Autism Between The Age of Three and Eight”. SAGE Journals. Vol. 21. 1 Juni 2005
Wolk, L., & Mary, L.E. (1993). “The Emerging Phonological System of An Autistic Child”. Journal of Communication Disorders. Vol. 26. Halaman 161-177
DOI: https://doi.org/10.31002/transformatika.v6i2.2388
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Muhammad Badrus Siroj, Desya Arianti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
