Title:


Telegram Meningkatkan Kemampuan Menyusun Teks Laporan Percobaan Kelas IX MTs Negeri 5 Magelang


Author:


Mail Arika Rini(1*)

(1) MTs Negeri 5 Magelang, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/transformatika.v5i1.3110| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya pembelajaran daring atau belajar dari rumah (BDR) yang diterapkan Pemerintah selama masa pandemi covid-19. Tujuannya menjadikan pengalaman instalasi telegram di gawai siswa sebagai tahapan penugasan pada KD 4.2 menyusun teks laporan percobaan dengan metode experiental learning. Dengan menggunakan subjek penelitian kelas IX MTs Negeri 5 Magelang dan metode penelitian kuantitatif dan kuanlitatif. Kuantitatif dengan mengukur hasil tes membuat teks laporan dan jumlah responden dari pengisian kuesioner, sedangkan kualitatif berdasarkan library research. Berdasarkan hasil rekap nilai, ternyata rata-rata semua kelas tugas menyusun teks laporan percobaan membuat akun telegram telah melampaui KKM yang sudah ditentukan, yaitu 75. Data angket yang peneliti gunakan dalam mendapatkan informasi kebermanfaatan dan penggunaan telegram pada siswa kelas IX MTs Negeri 5 Magelang dengan 122 responden dari 171 siswa. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menyusun teks laporan percobaan membuat akun telegram dengan model experiental learning dapat diterapkan saat pembelajaran daring.


Keywords


telegram, menyusun teks laporan percobaan, experiental learning

Full Text:

PDF

References


Anggraini, D., Sandra, & Chendra Wibawa, S. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Telegram pada Mata Pelajaran Teknik Pengolahan Video untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kognitif Siswa. IT-EDU, 3(02), 1689–1699.

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. PT Bumi Aksara.

Budhi Handaka, I., & Eka Safitri, N. (2016). PROSIDING SEMINAR NASIONAL “Optimalisasi Active Learning dan Character Building dalam Meningkatkan Daya Saing Bangsa di Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).” In Sukarno, Sutarno, & S. T. Martaningsih (Eds.), Perpustakaan Nasional: KDT (pp. 1–20). Perpustakaan Nasional: Katalog Dalam Terbitan.

Ellynia, E., & Tjhin, V. U. (2014). Penerapan Customer Relationship Management (CRM) pada Aplikasi Pengiriman Pesan Instan Studi Kasus: WhatsApp, WeChat, Line, KakaoTalk. Jurnal ULTIMA InfoSys, 5(1), 20–26. https://doi.org/10.31937/si.v5i1.215

Fatmaya, & Ayunawati, O. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Telegram Terhadap Pencapaian Kompetensi Mengidentifikasi Jenis Bahan Utama pada Siswa Kelas XI Tata Busana Di SMKN 1 Buduran. E-Journal, 8, 88–93.

Firyal, R. A. (2020). Pembelajaran Daring dan Kebijakan New Normal Pemerintah. https://doi.org/10.31228/osf.io/yt6qs

Kamal, M. (2020). Media Sosial Sebagai Budaya Baru Pembelajaran di SD Muhammadiyah 9 Malang. Jurnal Komunikasi Nusantara, 2(1), 17–27. https://doi.org/10.33366/jkn.v2i1.31

Kamil, I. (2020). Mendikbud Nadiem: 94 Persen Siswa Masih Akan Belajar dari Rumah. Kompas.Com.

Nurhasanah, S., Malik, A., & Mulhayatiah, D. (2017). Penerapan Model Experiential Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 2(2), 58. https://doi.org/10.17509/wapfi.v2i2.8280

Nurkhin, A., & Fachrurrozie. (2018). Pemanfaatan Media Sosial Untuk Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan, September, 1–10.

Prajana, A. (2017). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Untuk Media Pembelajaran Dalam Lingkungan Uin Ar-Raniry Banda Aceh. Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(2), 122. https://doi.org/10.22373/cs.v1i2.1980

Putri, A. E. (2019). Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling: Sebuah Studi Pustaka. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Indonesia, 4(September), 39–42. https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JBKI/index

Ramadi, & Sartika, D. (2017). Meningkatkan Keterampilan Membaca Nyaring Menggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning (PBL), Direct Instruction (DI) dan Talking Stick untuk Siswa Kelas 4 SDN 5 Komet Banjarbaru. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM, 3(2), 7–10.

Riduwan. (2012). Belajar Mudah Penelitian. Cv.Alfabeta.

Sholihah, D. A., & Mahmudi, A. (2015). Keefektifan Experiental Learning Pembelajaran Matematika MTs Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 175. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i2.7332

Sriani, N. K., Sutama, I. M., & Darmayanti, I. A. M. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Experiential Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 2Tampaksiring. Journal Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 1–11. https://doi.org/10.23887 / jpi-undiksha.v9i1

Sulfemi, W. B. (2018). Penggunaan Metode Demontrasi Dan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Ips. Jurnal Pendas Mahakam, 3(2), 151–158. https://doi.org/10.31227/osf.io/qrhsf




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/transformatika.v5i1.3110


DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31002/transformatika.v5i1.3110.g1833

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.