Title:


Eksistensi Penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia dalam Karya Tulis Mahasiswa


Author:


Mail Google Scholar Fathul Hidayati(1*)
Mail Sri Wahyuni(2)
Mail Gama Pratama(3)

(1) Akademi Maritim Cirebon, Indonesia
(2) Akademi Maritim Cirebon, Indonesia
(3) Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/transformatika.v6i1.4814| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan pemakian huruf, penulisan kata, tanda baca, dan unsur serapan pada karya tulis mahasiswa di beberapa Perguruan Tinggi Swasta di Kabupaten/Kota Cirebon. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa beberapa Perguruan Tinggi Swasta di Kabupaten/ Kota Cirebon.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif-interpretatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan teknik baca dan catat. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dan dideskripsikan. Setelah itu, hasil analisis kesalahan berbahasa tersebut diinterpretasikan untuk menunjukkan masa depan bahasa Indonesia. Bentuk kesalahan yang ditemukan dalam penelitian ini diantaranya adalah kesalahan pemakaian huruf kapital, penulisan imbuhan dan kata depan, penggunaan tanda baca, dan penggunaan kata serapan. Kesalahan pemakaian huruf kapital merupakan hal yang paling mendominasi. Masih banyak mahasiswa yang salah dalam menuliskan huruf awal pada judul, sub judul, dan lain sebagainya. Kesalahan penulisan imbuhan dan kata depan didominasi oleh kesalahan penulisan kata “di” sebagai kata depan. Kesalahan penggunaan tanda baca terdiri dari kesalahan penggunaan tanda titik, koma, dan strip. Sedangkan kesalahan penulisan kata serapan terjadi karena masih terbawa oleh penulisan bahasa aslinya sebelum diserap dalam bahasa Indonesia. Hal ini menunjukkan ketidakkonsistenan mahasiswa dalam berbahasa. Sebagian kasus menunjukkan bahwa sebenarnya mahasiswa tahu kaidah ejaan bahasa Indonesia yang benar tetapi mereka kurang teliti dan tak acuh dalam menuliskannya. Hal ini tentu bukan sesuatu yang positif, karena lambat laun akan merusak tatanan penggunaan ejaan bahasa Indonesia.

Keywords


kesalahan berbahasa, ejaan bahasa Indonesia, masa depan bahasa Indonesia.

Full Text:

PDF

References


Journal

Ayudia, Edi S., & Budhi W. (2016). Analisis Kesalahan Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Laporan Hasil Observasi pada Siswa SMP. Jurnal BASASTRA. Vol. 4(1), 34 - 49.

Dinanti, Netty Fitria, Prasetyo, & Padi Utomo. (2019). Analisis Kesalahan Penggunaan Bahasa Indonesia pada Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA FKIP Universitas Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS. Vol. 3(2), 191-202.

Gunawan, Heri I., & Saptina, Retnawati. (2017). Analisis Kesalahan Ejaan pada Makalah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pamulang. EDUKA: Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis. Vol. 2(2), 1-7.

Kustina, Rika. (2018). Analisis Kesalahan Ejaan pada Karya Ilmiah Mahasiswa Bahasa Indonesia STKIP Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh. Jurnal Metamorfosa. Vol. 6(1), 95-102.

Puspita, Ayunda Riska dan Hafidz Rosyidiana. (2020). Eksistensi Kebakuan Bahasa Indonesia dalam Karya Tulis Mahasiswa. Belajar Bahasa Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 5 (2), 161-174.

Qadhafi, M.,R. (2018). Analisis Kesalahan Penulisan Ejaan yang Disempurnakan dalam Teks Negosiasi Siswa SMA Negeri 3 Palu. Jurnal Bahasa dan Sastra Vol. 3(4). ISSN 2302-2043.

Tussolekha, Rohmah. (2019). Kesalahan penggunaan Bahasa Indonesia pada makalah karya mahasiswa. AKSARA Jurnal Bahasa dan Sastra. Vol. 20(1), 35-43.

Texbooks

Depdiknas. (2015). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan & Pedoman Umum Pembentukan Istilah. Bandung: Yrana Widya.

Gantametrika dkk. (2016). Kesalahan Berbahasa Penggunaan EYD. Solo:Genta Smart Publisher.

Moleong, Lexy J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda.

Prihantini, Ainia. (2015). Master Bahasa Indonesia; Panduan Tata Bahasa Indonesia Terlengkap. Yogyakarta: PT Bintang Pustaka.

Setyawati, Nanik. (2010). Analisis kesalahan berbahasa Indonesia. Surakarta: Yuma Pustaka.

Sudaryanto. (2015). Metodologi dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Manajemen: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi, penelitian Tindakan, penelitian evaluasi. Bandung : Alfabeta

Internet

Badan Bahasa Kemendikbud RI. (2018). KBBI Daring Versi V. Dipetik 27 Oktober, 2020, dari https://kbbi.kemdikbud.go.id/.




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/transformatika.v6i1.4814

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 



Transformatika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya 

ISSN: 2549-5941 (print) | 2549-6271 (online)
Organized by Department of Indonesian Language and Literature Education, Universitas Tidar 
Website: http://jurnal.untidar.ac.id/index.php/transformatika 
Email: transformatika@untidar.ac.id

 
Web
Analytics Made Easy - StatCounter View Transformatika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Stats

Lisensi Creative Commons
Transformatika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.