Title:


Praktik Keterampilan Berbicara Menggunakan Percakapan Duet Konten Pada Aplikasi Tiktok: Pandangan Mahasiswa


Author:


Mail Taufik Arochman(1*)
Mail Uli Alfan Hasani(2)

(1) Universitas Tidar, Indonesia
(2) Universitas Tidar, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/transformatika.v5i2.7390| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Setiap orang menggunakan keterampilan berbicara ketika mereka ingin berkomunikasi dengan orang lain, jadi berbicara merupakan komponen penting dalam berkomunikasi. Salah satu masalah yang paling umum adalah bahwa mahasiswa terkadang kurang lancar dalam berbicara, terlebih lagi jika harus menggunakan bahasa Inggris yang berasal dari paparan bahasa secara teratur di kelas. Hal yang lainnya adalah bahwa mahasiswa sering terlihat merencanakan percakapan mereka sebelumnya. Yang ketiga adalah siswa kurang memiliki kosa kata yang memadai dan kesulitan mengucapkan kata-kata dengan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pandangan siswa terhadap percakapan duet konten yang terdapat pada aplikasi TikTok. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dan kuesioner sebagai instrumen untuk mengumpulkan dan menganalisis data. Peneliti menemukan bahwa 86,7% responden setuju bahwa percakapan duet konten membuat mereka lebih fasih dalam berbicara. Dari penelitian tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa percakapan duet konten di aplikasi TikTok dapat menjadi salah satu cara yang sangat efektif untuk berlatih berbicara. Latihan berbicara menggunakan percakapan duet konten dapat meningkatkan pengucapan dan membantu siswa menjadi lebih lancar dalam berbicara. Namun, masih ditemukan beberapa kesulitan seperti adanya kata-kata asing yang mempengaruhi siswa sehingga kehabisan waktu saat melakukan percakapan duet konten.

Keywords


Percakapan, Duet, Perspektif, Berbicara, TikTok

Full Text:

PDF

References


Afidah, N. & Mutiara, F. N. (2021). Tiktok supplementary instructional media in speaking skill during pandemic covid-19. Jurnal Bahasa dan Sastra, 8(2), 100-105.

Arora R. & Stoner C. (2009). A mixed method approach to understanding brand personality. Journal of Product & Brand Management, 18(4), 272-283. https://doi.org/10.1108/10610420910972792

Brown, S.E. & Everett, R.S. (2004). Activities for teaching using the whole language approach. Springfield: Charles C Thomas Publisher.

Creswell, J. (2012). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research (4th Edition). Boston: Pearson Education

Denzin, N.K. & Lincoln, Y.S. (2011). Handbook of qualitative research (4th Edition). Newbury Park: Sage Publications

Deriyanto, D., & Qorib, F. (2018). Persepsi mahasiswa universitas tribhuwana tunggadewi Malang terhadap pengguna aplikasi tiktok. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 7(2), 77-83. https://doi.org/10.33366/jisip.v7i2.1432

Ferstephanie, J., & Pratiwi, T. L. (2022). The effect of tiktok to develop students’ speaking skill: A classroom action research. Wiralodra English Journal (WEJ), 6(1), 1-12. https://doi.org/10.31943/wej.v6i1.147

Herlisya, D., & Wiratno, P. (2021). Having good speaking English through tik tok application. Journal Corner of Education, Linguistics, and Literature (JCELL), 1(3), 191-198. https://doi.org/10.54012/jcell.v1i3.35

Lestari, N. (2019). Improving the speaking skill by vlog (video blog) as learning media: The EFL students’ perspective. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 9(1), 915-925. http://dx.doi.org/10.6007/IJARBSS/v9-i1/5490

Mandasari, M., Kosassy, S. O., & Jufri, Y. (2022). Incorporating of social media in distance learning: A case study on how tiktok improve speaking skill among ESP students. The 2nd International Conference on Government Education Management and Tourism (ICoGEMT)+TECH, 1-7.

Maulana, D., Wahyuni, W. S., & Siregar, D. (2018). The correlation between motivation behaviour and speaking ability. PROJECT (Professional Journal of English Education), 1(2), 115. https://doi.org/10.22460/project.v1i2.p115-124

Pope, C. & Mays, N. (2020). Qualitative research in health care (4th Edition). London: British Medical Journal (BMJ) Publishing Group.

Pratiwi, A. E., Ufairah, N. N., & Sopiah, R. S. (2021). Utilizing tiktok application as media for learning English pronunciation. Proceedings International Conference on Education of Suryakancana 2021, 372-382.

Tampubolon, T. C. (2018). Improving students’ motivation in speaking through collaborative learning. International Journal of English Literature and Social Sciences, 3(2), 185–191. https://doi.org/10.22161/ijels.3.2.10

Utami, B. N. (2021). The use of media and technology to enhance English speaking skill during pandemic of covid-19 era. Proceedings International Conference on Education of Suryakancana 2021, 17-26.

Wandi, W. (2020). Social media tiktok in islamic perspective. Palakka: Media and Islamic Communication, 1(1), 13-22.

Xiuwen, Z. & Razali, A.B. (2021). An overview of the utilization of tiktok to improve oral English communication competence among EFL undergraduate students. Universal Journal of Educational Research, 9(7), 1439 - 1451. DOI: 10.13189/ujer.2021.090710.

Yadav, M.S. (2021). Role of social media in English language learning to the adult learners. International Journal of Linguistics, Literature and Translation, 4(1), 238–247. https://doi.org/10.32996/ijllt.2021.4.1.25

Zainurrahman, Z., & Sangaji, S. (2019). A study on the university students’ speaking difficulties. Langua-Journal of Linguistics, Literature, and Language Education, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.5281/zenodo.2588073

Zaitun, Z., Hadi, M. S., & Indriani, E. D. (2021). TikTok as a media to enhancing the speaking skills of EFL students. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(1), 89-94.




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/transformatika.v5i2.7390


DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31002/transformatika.v5i2.7390.g2787

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.