Title:


STUDI META ANALISIS JENIS KELAMIN DAN BENTUK PELANGGARAN PRINSIP KESANTUNAN PADA SISWA DI SEKOLAH


Author:


Mail Ristiyani Ristiyani(1*)
Mail Nur Alfin Hidayati(2)
Mail Agus Darmuki(3)

(1) Universitas Muria Kudus, Indonesia
(2) Universitas Muria Kudus, Indonesia
(3) Universitas Muria Kudus, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/transformatika.v7i2.7908| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Artikel ini membahas jenis kelamin dan bentuk pelanggaran prinsip kesantunan pada siswa yang terjadi di sekolah menggunakan teknik meta analisis. Studi meta analisis ini sebatas membuat tabulasi data dengan menghitung jumlah persentase. Sampel data dalam studi ini mencakup 8 artikel dengan variabel dependen yang sama yang terbit mulai tahun 2001 sampai dengan 2011. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan jika jenis kelamin laki-laki bentuk pelanggaran prinsip kesantunan yang paling sedikit dilakukan adalah menggunakan istilah-istilah tabu sebanyak 4%. Bentuk pelanggaran prinsip kesantunan paling banyak adalah membandingkan manusia dengan hewan yang dianggap negatif sebanyak 13,2%. Adapun jenis kelamin perempuan bentuk pelanggaran prinsip kesantunan yang paling sedikit dilakukan adalah menggunakan istilah-istilah tabu sebanyak 1,8% sedangkan bentuk pelanggaran prinsip kesantunan yang paling banyak dilakukan adalah julukan atau sapaan yang diambil dari karakter fisik sebanyak 15,8%.


Keywords


meta-analysis, gender, pelanggaran prinsip kesantunan

Full Text:

PDF

References


Berita Satu. (2014). Indonesia Masuk Kategori "Darurat Bullying di Sekolah" Retrieved April 2019 from https://www.beritasatu.com/gaya-hidup/219515/indonesia-masuk-kategori-darurat-bullying-di-sekolah.

Carrera, M. V., DePalma, R., & Lameiras, M. (2011). Toward a more comprehensive understanding of bullying in school settings. Educational Psychology Review, 23, 479–499. http://dx.doi.org/10.1007/s10648-011-9171-x.

Del Barrio, C., Martín, E., Montero, I., Gutiérrez, H., Barrios, A., & de Dios, M. J. (2008). Bullying and social exclusion in Spanish secondary schools: National trends from 1999 to 2006. International Journal of Clinical and Health Psychology, 8, 657–677.

Hendrian, D. (2017). Catatan Akhir Tahun-KPAI Meneropong Persoalan Anak. Retrieved April 2019 from http://www.kpai.go.id/berita/catatan-akhir-tahun-kpai-meneropong-persoalan-anak.

Hunter, J. E., & Schmidt, F. L. (2004). Methods of Meta-Analysis. Sage Publication.

Moordiningsih. (2012). Hand-out Mata Kuliah Meta-analisis (Tidak dipubli- kasikan). Yogyakarta: Program Doktor Fakultas Psikologi UGM.

Robison, K. (2010). Bullies and Victims: A Primer for Parents. National Association of School Psychologists.

Sejiwa. (2008). Bullying:Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan Sekitar Anak. Jakarta: PT. Grasindo.

Salmivalli, C., & Nieminen, E. (2002). Proactive and reactive aggression among school bullies, victims and bully/victims. Aggressive Behavior, 28 (1), 30–44. http://dx.doi.org/10.1002/ab.90004.

Schwartz, D., Proctor, L. J., & Chien, D. H. (2001). The aggressive victim of bullying: Emotional and behavioral dysregulation as a pathway to victimization by peers. In Juvonen, & Graham, S. (Eds.), Peer harassment in school: The plight of the vulnerable and victimized (pp. 147–174). New York, NY: Guildford Press.

Smith, P. K. (2004). Bullying: Recent developments. Child and Adolescent Mental Health, 9 (3), 98–103. http://dx.doi.org/10.1111/j.1475-3588.2004.00089.x.

Solberg, M. E., & Olweus, D. (2003). Prevalence estimation of school bullying with the Olweus Bully/Victim Questionnaire. Aggressive Behavior, 29, 239–268. http://dx.doi.org/10.1002/ab.10047.

Solberg, M. E., Olweus, D., & Endresen, I. M. (2007). Bullies and victims at school: Are they the same pupils? British Journal of Educational Psychology 77, 441–464http://dx.doi.org/10.1348/000709906X105689

Setyawan, D. (2017). KPAI : 10 Persen Kekerasan Anak Dilakukan Oleh Guru, KPPPA Sulsel Canangkan SRA. Retrieved April 2019 from http://www.kpai.go.id/berita/kpai-10-persen-kekerasan-anak-dilakukan-oleh-guru-kpppa-sulsel-canangkan-sra.

Wade, C dan Tavris, C. 2007.Psikologi Edisi Kesembilan Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Young, R., & Sweeting, H. (2004). Adolescent bullying, relationships, psychological well-being and gender-atypical behavior: A gender diagnostic approach. Sex Roles, 50, 525–537. http://dx.doi.org/10.1023/B:SERS.0000023072.53886.86.




DOI: https://doi.org/10.31002/transformatika.v7i2.7908

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.