Title:


Analisis Kesalahan Berbahasa Penggunaan Ejaan dalam Teks Akademik Mahasiswa Thailand di Universitas Jambi


Author:


Mail Susila Wati(1*)
Mail R Imam Suwardi Wibowo(2)
Mail Priyanto Priyanto(3)
Mail Rahmawati Rahmawati(4)

(1) Universitas Jambi, Indonesia
(2) Universitas Jambi, Indonesia
(3) Universitas Jambi, Indonesia
(4) Universitas Jambi, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/transformatika.v8i1.8305| Abstract views : 0

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan berbahasa penggunaan ejaan dalam teks akademik mahasiswa Thailand Universitas Jambi. Selanjutnya, untuk mengetahui kendala-kendala siswa Thailand terkait menulis teks akademik menggunakan ejaan bahasa Indonesia. Data diperoleh dari teks akademik berupa makalah yang ditulis oleh mahasiswa asing yang berkuliah di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Jambi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pemberian tugas dan wawancara. Teks yang telah ditulis siswa asing dianalisis menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis isi ( content analysis) . Berdasarkan hasil penelitian, kesalahan ejaan penggunaan huruf adalah kesalahan yang paling sering terjadi.


Keywords


Kata kunci: Kesalahan Berbahasa, Ejaan, Teks Akademik

References


Alhaisoni, E., Ram Gaudel, D., & M. Al-Zuoud, K. (2017). Article Errors in the English Writing of Saudi EFL Preparatory Year Students. Advances in Language and Literary Studies, 8(1), 72.

Bango, S. (2022). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Dalam Wacana Tulis Mahasiswa Patani Di Universitas Islam Darul Ulum Lamongan. Edu-Kata, 8(1), 9–15.

Creswell, J.W. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yokyakarta. Pustaka Pelajar

Fauziyah Haqiqi, F., Ayu Maharani, S., & Khoiriyah, S. (2021). Kesalahan Ejaan Pada Proposal Skripsi Mahasiswa Bipa Uin Raden Mas Said Surakarta. Hasta Wiyata, 4(2), 198–209.

Gusnayetti, G. (2021). ANALISIS KESALAHAN EJAAN PADA MAKALAH MAHASISWA (Studi Kasus Prodi Ilmu Pemerintahan dan Prodi Ilmu Administrasi Negara STISIP Imam Bonjol Padang). Ensiklopedia of Journal, 3(4), 37–41.

Herniti, E. (2017). Kesalahan Berbahasa Indonesia Tulis Pada Mahasiswa Thailand (Studi Atas Pembelajar BIPA di PBB UIN Sunan Kalijaga). Thaqafiyyat: Jurnal Bahasa, Perdaban, Dan Informasi Islam, 18(1), 1–18.

Hudhana, W. D., Wiharja, I. A., & Hamsanah Fitriani, H. S. (2021). Bentuk Kesalahan Kalimat Dalam Karya Ilmiah Mahasiswa Bipa Thailand. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 10(2), 43.

Inderasari, E., & Agustina, T. (2017). Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Mahasiswa Asing Dalam Program Bipa IAIN Surakarta. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 6–14.

Jovita, A., Agustiani, T., & Setiadi, D. (2019). Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Keterampilan Menulis Mahasiswa Thailand di Program BIPA Universitas Muhammadiyah Sukabumi. Jurnal Utile, 5(2), 188–196.

Juniarti, Y. (2017). Pentingnya keterampilan menulis akademik di perguruan tinggi. Prosiding Sembadra Universitas Sriwijaya, 2(1), 185–189.

Krippendorff, K. (1993). Analisis Isi Pengantar Teori dan Metodologi. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada

Leksono, M. L. (2019). Analisis Kesalahan Penggunaan Pedoman Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) Pada Tugas Makalah dan Laporan Praktikum Mahasiswa IT Telkom Purwokerto. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 4(2), 116.

Nastiti, A., & Yuliarti, Y. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa pada Makalah Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Semarang. ALFABETA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 3(2), 50–57.

Nurwicaksono, B. D., & Amelia, D. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Pada Teks Ilmiah Mahasiswa. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 138–153.

Rosalina Sinta & Maspuroh Uah. (2023). Analisis Kesalahan Penggunaan Bahasa Tulis Mahasiswa pada Program BIPA Universitas Singaperbangsa Karawang. 5, 2751–2759.

Rosdiana, L. A. (2020). BAHTERA INDONESIA: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 5(1), 1–11.

Selvaraj, M., & Aziz, A. A. (2019). Systematic Review: Approaches in Teaching Writing Skill in ESL Classrooms. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, 8(4).

Siagian, E. N. (2017). Analisis Kesalahan Berbahasa (Tulis) Mahasiswa BIPA Tingkat Lanjut Universitas Yale, USA. PS PBSI FKIP Universitas Jember, Seminar Nasional, 11–22.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Bangdung. Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/transformatika.v8i1.8305

Article Metrics

Abstract view : 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.