Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Scramble terhadap Penguasaan Kosakata pada Siswa Kelas XI Sma Negeri 2 Teluk Kuantan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif scramble terhadap capaian pembelajaran penguasaan kosakata siswa kelas XI SMA Negeri 2 Teluk Kuantan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Teluk Kuantan dengan sampel 23 siswa. Siswa kelas XI-1 diajar dengan model pembelajaran kooperatif scramble. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes. Teknik analisis data terlebih dahulu diuji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis dengan Paired Sampel T Test dengan SPSS Statistics16 for window. Hasil uji normalitas diperoleh data pretest berdistribusi tidak normal dan data posttest tidak berdistribusi normal. Untuk uji hipotesis digunakan uji Paired Sampel T Test, dari hasil perhitungan diperoleh taraf signifikan 0,005. Ternyata nilai signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh signifikan dalam model pembelajaran kooperatif scrumble terhadap penguasaan kosakata pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Teluk Kuantan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan sastra (Basastra) di Sekolah Dasar. PERNIK. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3 (1), 35-44.https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839
Elly, R. (2018). Pengaruh Lokasi, Kelengkapan Produk, dan Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Imam Market Kisaran. Journal of Science and Social Research, 1(February), 7–12.
Elviza, Y., Emidar, & Noveria, E. (2013). Peningkatan Penguasaan Kosakata Melalui Teknik Permainan Teka-Teki Silang di Kelas VII.A SMPN 2 Sungai Penuh. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 399–476.
Erwanto, & Agustina, A. (2017). Faktor-Faktor Penyebab Kurangnya Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Siswa SMA Trisakti Baturaja OKU. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1, 47–60.
Magdalena, I., Salsabila, A., Krianasari, D. A., & Apsarini, S. F. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid di Kelas III SDN Sindangsari III. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 3(1), 119–128.
Manalu, W. R., & Siregar, E. Y. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Scramble Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa di SMP Negeri 2 Pandan. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 2(2), 93–98.
Maulana, M., Ismaya, B., & Hidayat, A. S. (2020). Minat Siswi Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Senam Lantai Sman 1 Cikampek. Jurnal Literasi Olahraga, 1(1), 66–76. https://doi.org/10.35706/jlo.v1i1.3766
Pramesti, U. D. (2015). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia dalam Keterampilan Membaca Melalui Teka-Teki Silang. Journal Puitika, 11(1), 82–93.
Putri, A. R., Ardianti, S. D., & Ermawati, D. (2022). Model Scramble Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 1192–1199.
Rahmadani, T. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Scramble Siswa Kelas V SD Pudun Jae Pada Materi Keanekaragaman Suku Bangsa Dan Budaya Indonesia. Forum Paedagogik, 8(1), 132–148
Rohmah, F. N. (2016). Pembelajaran Research Cycle (Siklus Penelitian) melalui Pendekatan Scientific. Jurnal FMIPA, 1, 673–681.
Rosyidah, U. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Metro. Jurnal SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 115–124.
Sasongko, F, & Subagiyo. H. (2013). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Ayam Penyet Ria. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 1(2), 1–7. https://doi.org/10.1590/s1415
Sintia, I., Pasarella, M. D., & Nohe, D. A. (2022). Perbandingan Tingkat Konsistensi Uji Distribusi Normalitas Pada Kasus Tingkat Pengangguran di Jawa. Prosiding Seminar Nasional Matematika, Statistika, Dan Aplikasinya, 2(2), 322–333.
Surastina, Rachmasisca, F. M. (2012). Hubungan Penguasaan Kosakata dengan Keterampilan Bercerita Siswa Kelas V SD Negeri 1 Tiuh Memon Kabupaten Tanggamus. Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra, 8–31.
Susanto, Y. D. T. (2017). Hubungan Penguasaan Kosakata dengan Keterampilan Berbicara dan Menulis Siswa Kelas IV SDN Gugus Pangeran Diponegoro Kecamatan Ngaliyan. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Wati, M., & Anggraini, W. (2019). Strategi Pembelajaran Koperatif Tipe Jigsaw Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Fisika. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 02(1), 98–106. https://doi.org/http://doi.org/10.24042
Wulandari, I. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ( Student Teams Achievement Division ) dalam Pembelajaran MI. Jurnal Paeda, 4(1)
DOI: https://doi.org/10.31002/transformatika.v8i1.8394
DOI (PDF): https://doi.org/10.31002/transformatika.v8i1.8394.g3396
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Tasya Almajirah, Silvia Permatasari, zulhafizh zulhafizh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
